|
Sekolah : SMKN 2 Karanganyar
Matapelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : XI/ Gasal
Materi
Pokok : Perawatan Jenazah
Alokasi
Waktu :
3 x 3 Jam Pelajaran (JP)
A.
Kompetensi Inti (KI):
1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
2
|
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin,santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai),bertanggung jawab,responsif, dan pro-aktif, dalam berinteraksi secara efektif sesuai
dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan
lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan
internasional
|
3
|
Memahami, menerapkan,
menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,
dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, danhumanioraDengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
4
|
Menunjukkan keterampilan
menalar, mengolah, dan menyaji secara: efektif,kreatif,produktif, kritis, mandiri, kolaboratif,komunikatif, dansolutif, Dalam
ranah konkret dan abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah, serta mampu menggunakan metoda sesuai dengan
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
(IPK) :
1.18
|
Menerapkan penyelenggaraan jenazah sesuai dengan
ketentuan syariat Islam
|
|
1.18.1. Mematuhi ketentuan syariat Islam dalam
penyelenggaraan jenazah
|
2.18.
|
Menunjukkan sikap tanggung jawab dan kerja sama
dalam penyelenggaraan perawatan jenazah di masyarakat
|
|
2.18.1.
Berakhlak
mulia dengan tanggungjawab dan kerjasama dalam penyelenggaraan jenazah di
masyarakat
|
3.18
|
Mengevaluasi tata cara perawatan jenazah
|
|
3.18.1. Menerangkan ketentuan hukum Islam dalam penyelenggaraan
jenazah
3.18.2. Menerangkan hukum dalam
penyelenggaraan jenazah
3.18.3. Melakukan tata
cara dalam penyelenggaraan jenazah
|
4.18
|
Menyimulasikan
tata cara perawatan jenazah
|
|
4.18.1. Mendemonstrasikantatacaradalampenyelenggaraanjenazah
4.18.2. Menunjukkanbacaan /doadalampenyelenggaraanjenazah
|
C.
Tujuan Pembelajaran :
Melalui model pembelajaran Kajian Nilai Lintas Kelompok (Cross Over Groups Discussion of Value) dengan metode Make a Match, Silaturahmi Activities, Picture
Commnent, Puisi Acrostic, dan Pantun Bermakna peserta
didik dapat menganalisis makna iman kepada
kitab-kitab Allah swt.
D.
Materi Pembelajaran
1. Ketentuan
hukum Islam dalam penyelenggaraan jenazah
2. Tata
cara dalam penyelenggaraan jenazah
3. Bacaan/
doa dalam penyelenggaraan jenazah
E.
Metode
Pembelajaran :
1. Make a Match
2. Silaturahmi Activities
3. Picture
Commnent
4. Puisi Acrostic
5.
Pantun Bermakna
6.
Diskusi
F.
Media Pembelajaran :
1. Laptop dan LCD Projector
2. MPI (Multimedia Pembelajaran Interaktif)
3. Video
4. Plano
5. Spidol
6. Lem
7. Gambar
8. Gunting
9. Bagan
10. Lembar hasil silaturahmi
G.
Sumber Belajar :
1. Al-Qur’an dan
terjemahnya, Depag RI
2. Buku teks pesera didikPAI dan Budi
Pekerti SMA Kelas XI
3. Kitab Tafsir
(al-Maraghi, Jalalain, dll).
4. Kitab Hadits
5. Internet(www.youtube.com/...)
H.
Langkah-langkah Pembelajaran:
Pertemuan
Pertama:
NO
|
Kegiatan Pembelajaran
|
HOTS/4C/
Karakter/
Literasi
|
Alokasi
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
|
|
1
2
3
4
5
6
7
8
|
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan
berpakaian, kebersihan kelas.
Meminta pesera didik memimpin doa
Membaca ayat quran
Menyampaikan penjelasan tentang
tujuan pembelajaran yang akan dicapai:
Memberikan penjelasan tentang
tahapan kegiatan pembelajaran
Melakukan motivasi dan appersepsivideo tentang kekerasan pelajar
Mengajukan pertanyaan bagaimana hubungan antara
tayangan video dengan Perawatan jenazah
|
Pembinaan
Karakter
Pembinaan
Karakter
Pembinaan
Karakter
Literasi
HOTS
Literasi
|
10 Menit
|
|
Kegiatan Inti:
Ketentuan hukum
Islam dalam penyelenggaraan jenazah
Model
Pembelajaran “Kajian Nilai
Lintas Kelompok” (Cross Over Groups Investigation
of Value) dengan metode
MAKE A
MATCH DAN SILATURAHMI ACTIVITIES dan
|
|
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
|
Peserta didik duduk menjadi 5 kelompok
Peserta didik mengamati guru yang
sedang mendemonstrasikan Ketentuan
hukum Islam dalam penyelenggaraan
jenazah
Peserta
didik mengeskplorasi fitur-fitur dalam Pengertian
iman kepada kitab-kitab Allah
Peserta didik mengidentifikasi masalah dengan bimbingan guru dan masalah tersebut ditulis di kertas plano (opinion making)
Peserta didik diberi kesempatan untuk curah pendapat dalam membentuk hipotesis / pernyataan/pertanyaan (decision making)
Setiap
kelompok memilih satu hipotesa /pernyataan/p ertanyaan terbaik (action)
Guru memberikan kesempatan kepadapeserta didik untuk menentukan langkah-langkah yang sesuai dengan
masalah yang akan didiskusikan di kelompok masing-masing Setiap kelompok membuat kartu Ketentuan hukum Islam dalam penyelenggaraan jenazah
Guru
mendemonstrasikan cara menggunakan kartu
berpasangan Secara
berkelompok, peserta didik melakukan kegiatan make a match dengan
bantuan kartu berpasangan yang
sudah dibuat.
Guru meminta perwakilan kelompok untuk
tampil kedepan guna beradu cepat dalam memasangkan Ketentuan hukum Islam dalam penyelenggaraan jenazah
Peserta
didik membuat bagan/ rangkuman
poin-poin penting dalam kertas plano dan menempelkan di tempat yang telah
disediakan
Perwakilan kelompok bersilaturahmi ke kelompok-kelompok
lain untuk menggali, bertukar informasi, menemukan contoh perilaku yang
mencerminkan Ketentuan hukum Islam
dalam penyelenggaraan jenazah
Informasi
atau materi yang didapatkan dari kelompok lain disampaikan kepada anggota
kelompoknya masing-masing
Peserta
didik bersama guru menyimpulkan hasil diskusi (depending value)
|
Kolaborasi
Berfikir
kritis
Kreatif
HOTS
Berpikir
Kritis
Kolaborasi
Literasi
Kolaborasi
Komunikasi
HOTS
Berpikir
Kritis
Kolaborasi
Literasi
Kolaborasi
Komunikasi
HOTS
|
30 Menit
|
|
A. Kegiatan
Penutup
|
|
|
1
2
3
4
5
6
|
Peserta didik menemukan
manfaat langsung maupun tidak langsung dalam proses pembelajaran melalui kegiatan
refleksi
Peserta didik menerima umpan
balik yang berkaitan dengan proses dan hasil pembelajaran
Peserta didik menerima
informasi tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
Peserta didik menerima
informasi tentang tugas kelompok membuat puisi akrostik,pantun bermakna
Peserta didik mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan berdoabersama-sama
Penutup
|
Pembinaan Karakter
literasi
|
5
Menit
|
Pertemuan
Kedua:
NO
|
Kegiatan Pembelajaran
|
HOTS/4C/
Karakter/
Literasi
|
Alokasi Waktu
|
|
Pendahuluan
|
|
|
1
2
3
4
5
6
7
8
|
Memberi Salam
Mengabsen,
mengecek kerapihan berpakaian, kebersihan kelas.
Meminta pesera
didik memimpin doa
Membaca ayat
quran
Menyampaikan
penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai:
Memberikan
penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran
Melakukan motivasi dan appersepsi video tentang kekerasan pelajar
Mengajukan pertanyaan bagaimana hubungan antara tayangan video dengan
Tata cara dalam penyelenggaraan jenazah
|
Pembinaan
Karakter
Pembinaan
Karakter
Pembinaan
Karakter
Literasi
HOTS
Literasi
|
10 Menit
|
|
Kegiatan Inti:
Tata cara dalam
penyelenggaraan jenazah
Model Pembelajaran “Kajian Nilai Lintas Kelompok” (Cross
Over Groups Investigation
of Value) dengan metode
MAKE A MATCH DAN SILATURAHMI ACTIVITIES dan
|
|
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
|
Peserta didik
duduk menjadi 5
kelompok
Peserta didik mengamati guru yang sedang
mendemonstrasikan Tata cara dalam penyelenggaraan jenazah
Peserta
didik mengeskplorasi fitur-fitur dalam Tata
cara dalam penyelenggaraan jenazah
Peserta didik mengidentifikasi masalah dengan bimbingan guru dan masalah tersebut ditulis di kertas plano (opinion making)
Pesertadidik diberi kesempatan untuk
curah pendapat dalam membentuk hipotesis / pernyataan/pertanyaan(decision making)
Setiap kelompok memilih satu hipotesa/pernyataan/pertanyaan terbaik(action)
Guru
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menentukan langkah-langkah
yang sesuai dengan masalah yang akan didiskusikan di kelompok masing-masing
Setiap kelompok membuat kartu Tata cara dalam penyelenggaraan jenazah
Guru mendemonstrasikan cara menggunakan kartu berpasangan
Secara berkelompok, peserta didik melakukan kegiatan make a match dengan
bantuan kartu berpasangan yang
sudah dibuat.
Guru meminta perwakilan kelompok untuk tampil kedepan
guna beradu cepat dalam memasangkan Tata cara dalam penyelenggaraan
jenazah
Peserta didik membuat bagan/ rangkuman poin-poin penting dalam kertas plano dan menempelkan di tempat
yang telah disediakan
Perwakilan
kelompok bersilaturahmi ke
kelompok-kelompok lain untuk menggali, bertukar informasi, menemukan contoh perilaku
yang mencerminkan Tata cara dalam
penyelenggaraan jenazah
Informasi atau materi yang didapatkan dari kelompok lain disampaikan
kepada anggota kelompoknya masing-masing
Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil diskusi (depending
value)
|
Kolaborasi
Berfikir
kritis
Kreatif
HOTS
Berpikir
Kritis
Kolaborasi
Literasi
Kolaborasi
Komunikasi
HOTS
Berpikir
Kritis
Kolaborasi
Literasi
Kolaborasi
Komunikasi
HOTS
|
30 Menit
|
|
B.
Kegiatan Penutup
|
|
|
1
2
3
4
5
6
|
Peserta
didik menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dalam proses
pembelajaran melalui kegiatan refleksi
Peserta
didik menerima umpan balik yang berkaitan dengan proses dan hasil
pembelajaran
Peserta
didik menerima informasi tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya
Peserta
didik menerima informasi tentang tugas kelompok membuat puisi akrostik,pantun bermakna
Peserta didik mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan berdoabersama-sama
Penutup
|
Pembinaan
Karakter
literasi
|
5 Menit
|
Pertemuan ke
tiga
NO
|
Kegiatan Pembelajaran
|
HOTS/4C/
Karakter/
Literasi
|
Alokasi Waktu
|
|
Pendahuluan
|
|
|
1
2
3
4
5
6
7
8
|
Memberi Salam
Mengabsen,
mengecek kerapihan berpakaian, kebersihan kelas.
Meminta pesera
didik memimpin doa
Membaca ayat
quran
Menyampaikan
penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai:
Memberikan
penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran
Melakukan motivasi dan appersepsi video tentang kekerasan pelajar
Mengajukan pertanyaan bagaimana hubungan antara tayangan video Bacaan/
doa dalam penyelenggaraan jenazah
|
Pembinaan
Karakter
Pembinaan
Karakter
Pembinaan
Karakter
Literasi
HOTS
Literasi
|
10 Menit
|
|
Kegiatan Inti:
Bacaan/ doa dalam
penyelenggaraan jenazah
Model Pembelajaran “Kajian Nilai Lintas Kelompok” (Cross
Over Groups Investigation
of Value) dengan metode
MAKE A MATCH DAN SILATURAHMI ACTIVITIES dan
|
|
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
|
Peserta didik
duduk menjadi 5
kelompok
Peserta didik
mengamati guru yang sedang mendemonstrasikan Bacaan/ doa dalam
penyelenggaraan jenazah
perbuatan sebagai cerminan iman kepada
kitab-kitab Allah
Peserta didik
mengeskplorasi fitur-fitur dalam Bacaan/ doa dalam penyelenggaraan
jenazah
Peserta didik mengidentifikasi masalah dengan bimbingan guru dan masalah tersebut ditulis di kertas plano (opinion making)
Pesertadidik diberi kesempatan untuk
curah pendapat dalam membentuk hipotesis / pernyataan/pertanyaan(decision making)
Setiap kelompok memilih satu hipotesa/pernyataan/pertanyaan terbaik(action)
Guru
memberikan kesempatan kepadapeserta
didik untuk menentukan langkah-langkah yang sesuai dengan masalah yang akan didiskusikan di kelompok masing-masing
Setiap kelompok membuat
kartu potongan ayat dan
artinya Contoh perbuatan sebagai cerminan iman kepada kitab-kitab
Allah dan maknanya dalam
potongan kertas
Guru mendemonstrasikan cara menggunakan kartu berpasangan
Secara berkelompok, peserta didik melakukan kegiatan make a match dengan
bantuan kartu berpasangan yang
sudah dibuat.
Guru meminta
perwakilan kelompok untuk tampil kedepan guna beradu cepat dalam memasangkan Bacaan/
doa dalam penyelenggaraan jenazah
Peserta didik
membuat
bagan/ rangkuman poin-poin
penting dalam kertas plano dan menempelkan di tempat yang telah disediakan
Perwakilan kelompok bersilaturahmi ke kelompok-kelompok lain untuk menggali, bertukar
informasi, menemukan contoh perilaku yang mencerminkan Contoh
perbuatan sebagai cerminan iman kepada kitab-kitab Allah
Informasi atau materi yang didapatkan dari kelompok lain disampaikan
kepada anggota kelompoknya masing-masing
Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil diskusi (depending
value)
|
Kolaborasi
Berfikir
kritis
Kreatif
HOTS
Berpikir
Kritis
Kolaborasi
Literasi
Kolaborasi
Komunikasi
HOTS
Berpikir
Kritis
Kolaborasi
Literasi
Kolaborasi
Komunikasi
HOTS
|
30 Menit
|
|
C.
Kegiatan Penutup
|
|
|
1
2
3
4
5
6
|
Peserta
didik menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dalam proses
pembelajaran melalui kegiatan refleksi
Peserta
didik menerima umpan balik yang berkaitan dengan proses dan hasil
pembelajaran
Peserta
didik menerima informasi tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya
Peserta
didik menerima informasi tentang tugas kelompok membuat puisi akrostik,pantun bermakna
Peserta didik mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan berdoabersama-sama
Penutup
|
Pembinaan
Karakter
literasi
|
5 Menit
|
I.
Penilaian Hasil Pembelajaran :
1. Teknik Penilaian : Observasi, Tes
tertulis, Unjuk Kerja
2. Instrumen
Penilaian :
a.
Sikap
-
Observasi yang dilakukan guru
(mengamatiperilakusiswa)
No.
|
Nama
|
Tanggungjawab
|
Kerjasama
|
Santun
|
NA
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
.......
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
.......
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan di beri tanda ceklis(√ )
-
Sangat baik = 90 – 100
(4)
-
Baik = 80 – 90
(3)
-
Cukup Baik = 70 – 80
(2)
-
Kurang Baik = Kurang dari 70 , < 70 (1)
b.
Pengetahuan
-
Tes
Lisan
No.
|
Butir-butir soal
|
Kunci jawaban
|
1.
|
Bagaimana hukum menyalatkan jenazah?
|
Hukumnya adalah fardu kifayah dimana apabila
sebagian sudah melaksanakan yang lain tidak melaksanakan tidak berdosa
|
2.
|
Uraikan tata cara dalam menyalatkan jenazah!
|
Terdiri dari 4 takbir, setelah takbir 1 membaca
al fatihah, setelh takbir 2 membaca salawat, setelah takbir 3 membaca doa
untuk jenazah dan setelah takbir 4 membaca doa untuk keluarga kemudian salam
|
3.
|
Apa kewajiban sesama muslim jika ada saudaranya
yang meninggal dunia?
|
Ada 4 kewajiban yaitu memandikan, mengkafani,
menyalatkan dan menguburkan
|
4.
|
Bagaimana perbedaan dalam salat jenazah antara
jenazah laki-laki dan perempuan?
|
Posisi imam jika jenazah laki-laki di arah
kepala tapi kalau perempuan di arah perut, terdapat perbedaan bacaan dalam
niat, doa untuk jenazah dan doa untuk keluarga
|
5.
|
Lafalkan bacaan yang dibaca setelah takbir kedua?
|
Salawat nabi, Allahumma salli ’ala Muhammad wa
’ala alihi Muhamad
|
c.
Keterampilan
-
Praktek
penyelenggaraan jenazah
No.
|
Nama Kelompok
|
Score
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1.
|
Kelompok 1 (memandikan)
|
|
|
|
|
|
2.
|
Kelompok 2 (mengkafani)
|
|
|
|
|
|
3.
|
Kelompok 3 (menyalatkan)
|
|
|
|
|
|
4.
|
Kelompok 4 (menguburkan)
|
|
|
|
|
|
Keterangan : diberi tanda ceklist (√ )
· Sangat baik = 80 – 90 = A (5)
· Baik =
70 – 79 = B (4)
· Kurang baik = 60 – 69 = C
(3)
· Tidak lancar = 50 – 59 = D
(2)
· Tidak dapat melafalkan = kurang dari 50 = E (1)
3. Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
1.
Remedial
Diberikan tes lisan (5
soal) :
No.
|
Butir-butir soal
|
Kunci jawaban
|
1.
|
Bagaimana hukum menyalatkan jenazah?
|
Hukumnya adalah fardu kifayah dimana apabila
sebagian sudah melaksanakan yang lain tidak melaksanakan tidak berdosa
|
2.
|
Jelaskan tata cara dalam menyalatkan jenazah!
|
Terdiri dari 4 takbir, setelah takbir 1 membaca
al fatihah, setelh takbir 2 membaca salawat, setelah takbir 3 membaca doa
untuk jenazah dan setelah takbir 4 membaca doa untuk keluarga kemudian salam
|
3.
|
Apa kewajiban sesama muslim jika ada saudaranya
yang meninggal dunia?
|
Ada 4 kewajiban yaitu memandikan, mengkafani,
menyalatkan dan menguburkan
|
4.
|
Bagaimana perbedaan dalam salat jenazah antara
jenazah laki-laki dan perempuan?
|
Posisi imam jika jenazah laki-laki di arah
kepala tapi kalau perempuan di arah perut, terdapat perbedaan bacaan dalam
niat, doa untuk jenazah dan doa untuk keluarga
|
5.
|
Lafalkan bacaan yang dibaca setelah takbir kedua?
|
Salawat nabi, Allahumma salli ’ala Muhammad wa
’ala alihi Muhamad
|
2.
Pengayaan
Peserta didik diminta untuk
mengerjakan Uji Kompetensi
|
|
Karanganyar,
13 Juli 2017
|
||
Verifikasi
|
GURU
PAI
|
|
Dra. Sri Bidayatiningsih
|
Mengetahui
|
Hidayatul Istiqomah, S.Ag, M.Pd.I
|
NIP 19660813 199512 2 002
|
Kepala SMK Negeri 2
Karanganyar
|
NIP 19700622 2007012 009
|
Drs. Wahyu Widodo, MT
|
||
NIP 19601019 199412 1 001
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar