Jumat, 04 Agustus 2017

rpp kd 1 mujahadah an nafs



KD 1

 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                        : SMK N 2 Karanganyar
Kelas/Semester           : X/I
Program                      :  Semua Program Keahlian
Mata Pelajaran           : Pendidikan Agama Islam
Materi Pokok              :Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12; serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah).
Alokasi Waktu             :  45 x 9 Jam Pelajaran ( 3 kali Pertemuan )

A.       Kompetensi Inti:
1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya


2
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif, dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional
3
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora Dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah 
4
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara: efektif,kreatif,produktif, kritis, mandiri, kolaboratif,komunikatif, dan solutif, Dalam ranah konkret dan abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu menggunakan metoda sesuai dengan
B.        Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK):
KD
IPK
1.1  Terbiasa membaca Al-Qur’an dengan meyakini bahwa kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) adalah perintah agama
1.1.1  Meminati membaca al-Qur’an dengan meyakini bahwa kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan  persaudaraan (ukhuwah) adalah perintah agama.
1.1.2  Menyenangi membaca al-Qur’an dengan meyakini bahwa kontrol diri (mujahadah an-   nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) adalah perintah agama.
2.1     Menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuz-zan), dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi perintah Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis terkait
2.1.1  Menunjukkanperilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuz-zan), dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi perintah Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis terkait.
2.1.2  Membuktikan diri mampu berperilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuz-zan), dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi perintah Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis terkait.
3.1     Menganalisis Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12; serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
3.1.1 Mengidentifikasi bacaan tajwid dari Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12; tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
3.1.2 Menyimpulkan kandungan dari Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12; tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
3.1.3 Menunjukkan contoh perilaku sesuai dengan  Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12; tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah).
4.1.1    Membaca Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.1.1.1 Mendemonstrasikan bacaan Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf.
4.1.1.2 Memilah beberapa bentuk perilaku dari tayangan kasus terkait isi Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12; tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah).

C.        Tujuan Pembelajaran:
Melalui kegiatan mengamati, menanya, mendiskusikan, menyimpulkan dan mengomunikasikan, peserta didik diharapkan:
1.    Mampu menyalin Q.S. Al-Anfal: 72 , QS. Al-Hujurat : 12 dan QS. Al-Hujurat : 10 dengan baik dan benar
2.    Mampu membaca Q.S. Al-Anfal: 72QS. Al-Hujurat : 12 dan QS. Al-Hujurat : 10 dengan baik dan benar
3.    Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al-Anfal: 72 QS. Al-Hujurat : 12 dan QS. Al-Hujurat : 10  dengan benar
4.    Mampu menjelaskan asbabun nuzul Q.S. Al-Anfal: 72 QS. Al-Hujurat : 12 dan QS. Al-Hujurat : 10
5.    Mampu menyimpulkan kandungan Q.S. Al-Anfal: 72 QS. Al-Hujurat : 12 dan QS. Al-Hujurat : 10
6.    Mampu menjelaskan pengertian kontrol diri (mujahadah an-nafs), Prasangka baik (Husnuzhan) dan persaudaraan (ukhuwah)
7.    Mampu mengidentifikasi hikmah dan manfat perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), Prasangka baik (Husnuzhan) dan persaudaraan (ukhuwah)
8.    Mampu menampilkan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), Prasangka baik (Husnuzhan) dan persaudaraan (ukhuwah), seperti yang terkandung dalam QS.Al-Anfal : 72 ,QS.Al-Hujurat ayat 12 dan 10
9.    Mampu mendemonstrasikan hafalanQ.S. Al-Anfal: 72, QS. Al-Hujurat : 12 dan QS. Al-Hujurat : 10 dengan baik dan benar ( dilaksanakan diluar jam pelajaran).

D.       Materi Pembelajaran:
A.   Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis terkait tentang perilaku kontrol diri, prasangka baik dan persaudaraan (ukhuwwah).
B.   Perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuz-zan), dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi perintah Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis terkait.
E.      Metode Pembelajaran
Pendekatan dalam pembelajaran ini adalah:
1.      Scientific
2.      Active learning
3.      Cooperative learning
F.         Media, Alat, dan Sumber Belajar
1.      Media
Film tentang perkelahian pelajar dan kegiatan ekstrakurikuler
2.      Alat/ Bahan
LCD Proyektor
3.           Sumber Belajar
a.      Tafsir Al-Qur’an
b.      Kitab Hadits Sembilan Imam
c.       Buku pegangan siswa PAI kelas X














G.       Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan Pertama
NO
Kegiatan  Pembelajaran
HOTS/4C/
Karakter/
Literasi
Alokasi Waktu

Pendahuluan


1
2

3
4
5

6

7

8
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakaian, kebersihan kelas.
Meminta pesera didik memimpin doa
Membaca ayat quran
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai:
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran
Melakukan  motivasi dan appersepsivideo tentang kekerasan pelajar
Mengajukan pertanyaan bagaimana hubungan antara tayangan video dengan materi al-asmaul husna
Pembinaan Karakter
Pembinaan Karakter

Pembinaan
Karakter
Literasi




10 Menit










Kegiatan Inti:
























































Dalam kegiatan inti, pendidik dan para peserta didik melakukan beberapa kegiatan pembelajaran dengan modelproblem based learning sebagai berikut :
1.       Mengorganisasi peserta didik pada masalah
-       Pendidik membuat beberapa pertanyaan yang dapat dijawab oleh peserta didik dengan mencari informasi yang ditemukan dari buku teks.
-       Pendidik menanyakan tentang isi kandunganQ.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12; serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
-       Pendidik menanyakan manfaat dan hikmah dari taat aturan, kompetisi dalam kebaikan dan kerja keras  yang terdapat pada Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12; serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
-       Pendidik menanyakan kepada peserta didik, mengapa  bisa  terjadi perubahan dan pergeseran secara cepat sikap dan karakter masyarakat akhir-akhir ini, dari mampu menahan diri menjadi mudah marah dan lepas kontrol, suka berkonflik dan hilang persaudaraan. Apa faktor-faktor penyebabnya. Apakah konsep Islam, tentang menahan diri (mujahadatun nafs), ukhuwwah dan prasangka baik. Pertanyaan-pertanyaan itulah yang harus dijawab peserta didik dalam diskusi.
-       Pendidik mengemukakan bahwa di masyarakat ditemukan fakta-fakta, dari tayangan media, yang bertolak belakang dengan konsep Islam yaitu menahan diri, husnuddhon dan ukhuwwah.
2.    Mengorganisasikan kegiatan pembelajaran
-                      Peserta didik menyimak bacaan dan mencermati isi kandungan  Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12; serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) serta  hadits terkait.
-                      Peserta didik mencermati manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah).melalui tayangan video tentangtentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah).
3.      Membimbing penyelidikan mandiri
-       Pendidik membagi peserta didik menjadi 4 kelompok, dengan segmen materi sebagai berikut:
Kelompok A : Q.S. Al Anfal: 72,
Kelompok B:  Q.S. Al Hujurat: 10,
Kelompok C :  Q.S. Al Hujurat: 12,
Kelompok D :  Hadits terkait
-       Masing-masing kelompok mendapatkan tugas untuk:
ü  Mendiskusikan isi kandungan  Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12; serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah).
ü  Menganalisis asbabun nuzul/wurud Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12; serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah).
ü  Mengidentifikasi sifat-sifat keutamaan  yang terkandung pada Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12; serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah).
ü  Menganalisis manfaat dan hikmah yang terdapat pada Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12; serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah).
ü  Mengidentifikasifaktor-faktor penyebab terjadinya pergeseran dan perubahan sikap dan karakter masyarakat bertolak dari konsep Islam.
4.    Mengembangkan dan menyajikan karya
-       Membuat kesimpulan dari isi kandungan Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12; serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah).
-       Menyimpulkan faktor-faktor penyebab terjadinya pergeseran dan perubahan sikap dan karakter masyarakat.
5.    Analisis dan evaluasi :
-       Setiap kelompok mengirimkan salah satu anggotanya untuk menyampaikan / mempresentasikan apa yang telah dipelajari di kelompok, dengan:
ü  Mempresentasikan isi kandungan, manfaat, dan hikmah Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12; serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) secara individu maupun kelompok;
ü  Menyampaikan hasil diskusi tentang faktor-faktor penyebab terjadinya pergeseran dan perubahan sikap dan karakter masyarakat bertolak dari konsep Islam.
ü  Peserta didik mendapat kesempatan bertanya, menyanggah, mengkritik dan menguatkan pendapat yang disampaikan
-       Kembalikan suasana seperti semula kemudian tanyakan apakah ada persoalan-persoalan yang tidak terpecahkan dalam kelompok
-       Berikan peserta didik beberapa pertanyaan untuk mengecek pemahaman mereka terhadap materi
-       Peserta didik diarahkan membuat kesimpulan











Kolaborasi










Berfikir kritis














Kreatif
Berpikir Kritis, Kolaborasi,Komunikasi













Kreatif
Berpikir Kritis, Kolaborasi,Komunikasi
















Kreatif
Berpikir Kritis, Kolaborasi,Komunikasi














Kreatif
Berpikir Kritis, Kolaborasi,Komunikasi

30 Menit

A.     Kegiatan Penutup


1



2





a.       Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi membaca Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12; serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah).
b.       Pendidik meminta agar para peserta didik membiasakan membaca Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12; serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah).
c.        Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doa;
d.       Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.






Pembinaan Karakter
5 menit

PERTEMUAN KEDUA
NO
Kegiatan  Pembelajaran
HOTS/4C/
Karakter/
Literasi
Alokasi Waktu

Pendahuluan


1
2

3
4
5

6

7

8
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakaian, kebersihan kelas.
Meminta pesera didik memimpin doa
Membaca ayat quran
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai:
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran
Melakukan  motivasi dan appersepsivideo tentang kekerasan pelajar
Mengajukan pertanyaan bagaimana hubungan antara tayangan video dengan materi menahan diri, husnuddhon dan ukhuwwah.






Pembinaan Karakter







10 Menit









Kegiatan Inti:


1


2












































Dalam kegiatan inti, pendidik dan para peserta didik melakukan beberapa kegiatan dengan membaca secara keras dan demonstrasi, sebagai berikut:
Pendidik membagikan teks bacaan Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12; serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah).
a.       Mengamati  Peserta didik Menyimak dan mencermati bacaan Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12; serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah).
b.       Menanya
·         Menanyakan tentang cara membaca Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12; serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah).
·         Menanyakan tentang cara mudah menghafalQ.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12; serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah).
c.        Mengumpulkan data/eksplorasi
·         Peserta didik mendiskusikan cara-cara membaca Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12; serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah).
·         Peserta didik mendiskusikan cara mudah menghafalQ.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12; serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah).
d.       Mengasosiasi
·         Membuat kesimpulan tentang caramembaca dan cara mudah menghafal Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12; serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah).
e.        Mengkomunikasikan:
·         Peserta didik Mendemonstrasikan/Mempraktikkan bacaan dan hafalan Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12; serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) secara individu maupun kelompok.










Berfikir kritis, komunikatif, Kreatif, Literasi, kolaborasi












Berfikir kritis, komunikatif, Kreatif, Literasi, kolaborasi




30 Menit

B.     Kegiatan Penutup
C.      


1




2




3


4

Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi membaca Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12; serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah).
Pendidik meminta agar para peserta didik membiasakan membaca Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12; serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah).
Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doa;
Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.











Pembinaan Karakter
10 menit

PERTEMUAN KETIGA
NO
Kegiatan  Pembelajaran
HOTS/4C/
Karakter/
Literasi
Alokasi Waktu

Pendahuluan


1
2

3
4
5

6

7

8
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakaian, kebersihan kelas.
Meminta pesera didik memimpin doa
Membaca ayat quran
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai:
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran
Melakukan  motivasi dan appersepsivideo tentang kekerasan pelajar
Mengajukan pertanyaan bagaimana hubungan antara tayangan video dengan materi menahan diri, husnuddhon dan ukhuwwah.
Pembinaan Karakter
Pembinaan Karakter

Pembinaan
Karakter
Literasi



HOTS
Literasi
10 Menit








Kegiatan Inti:





1








2









3














4










5








Dalam kegiatan inti, pendidik dan para peserta didik melakukan beberapa kegiatan pembelajaran dengan model problem based learning sebagai berikut :
Mengorganisasi peserta didik pada masalah
·         Pendidik membuat beberapa pertanyaan yang dapat dijawab oleh peserta didik dengan mencari informasi yang ditemukan dari buku teks.
·         Pendidik menanyakan tentang contoh perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah).
Mengorganisasikan kegiatan pembelajaran
·         Peserta didik menyimak dan mencermati ilustrasi dan gambarantentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah).
·         Peserta didik mencermati manfaat dan hikmah perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) melaluitayangan video atau media foto dan gambar.
Membimbing penyelidikan mandiri
Pendidik membagi peserta didik menjadi 3kelompok, dengan segmen materi sebagai berikut:
Kelompok A : perilaku kontrol diri
Kelompok B:  husnudhhon
Kelompok C :  ukhuwwah
·         Masing-masing kelompok mendapatkan tugas untuk:
ü  Mendiskusikan gambaran kontrol diri , contohnya dan manfaatnya.
ü  Mendiskusikan perilaku husnuddhon, contoh perilaku dan manfaatnya.
ü  Mendiskusikan perilaku ukhuwwah, contoh perilaku dan manfaatnya.
Mengembangkan dan menyajikan karya
-       Membuat kesimpulan dari isi kandungan Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12; serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah).
-       Menyimpulkan faktor-faktor penyebab terjadinya pergeseran dan perubahan sikap dan karakter masyarakat.

Analisis dan evaluasi :
Setiap kelompok mengirimkan salah satu anggotanya untuk menyampaikan / mempresentasikan apa yang telah dipelajari di kelompok, dengan:
ü  Mempresentasikan isi kandungan, manfaat, dan hikmah sifat terpuji yang terdapat pada Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12; serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah).
ü  Menyampaikan hasil diskusi tentang faktor-faktor penyebab terjadinya pergeseran dan perubahan sikap dan karakter masyarakat bertolak dari konsep Islam.
ü  Peserta didik mendapat kesempatan bertanya, menyanggah, mengkritik dan menguatkan pendapat yang disampaikan
-       Kembalikan suasana seperti semula kemudian tanyakan apakah ada persoalan-persoalan yang tidak terpecahkan dalam kelompok
-       Berikan peserta didik beberapa pertanyaan untuk mengecek pemahaman mereka terhadap materi
-       Peserta didik diarahkan membuat kesimpulan




Kolaborasi,Berfikir kritis, Kreatif, Literasi, Komunikasi






















Kolaborasi,Berfikir kritis, Kreatif, Literasi, Komunikasi































Kolaborasi,Berfikir kritis, Kreatif, Literasi, Komunikasi



30 Menit

D.     Kegiatan Penutup


1




2




3

4
Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi membaca Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12; serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah).
Pendidik meminta agar para peserta didik membiasakan membaca Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12; serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah).
Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doa;
Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.



Pembinaan Karakter




















H.       Penilaian hasil Pembelajaran
A.   Evaluasi Afektif
1.    Observasi (mengamati perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs) terhadap teman sejawat atau orang lain

       Lembar PengamatanKegiatan Diskusi (Penilaian Sikap Selama Diskusi):

No.
Nama Siswa
A s p e k  P e n g a m a t a n
Jml
Skor
Nilai
Ket.
Kerja sama
Meng-
komunika
sikan pen-dapat
Toleransi
Keaktifan
Menghargai pendapat teman
1








































Keterangan Skor :                                         
Masing-masing kolom diisi dengan kriteria
4= Baik Sekali
3= Baik
2= Cukup
1 = Kurang

                           Skor perolehan
Nilai     =X  100
                           Skor Maksimal (20)
                                                                          
            Kriteria Nilai
A     =80 – 100       :  Baik Sekali      
B     =70 – 79         :  Baik
C     =60 – 69         :  Cukup
D     =‹60                :  Kurang






B.   Evaluasi Psikomotor
1.      Tes praktik
a)        Tes Menulis teks QS. Al-Anfal ayat 72
b)        Tes bacaan QS. Al-Anfal ayat 72
c)        Tes hafalan QS. Al-Anfal ayat 72

Format penilaian bacaan al-Quran dan demonstrasi hafalan
Nama Siswa     : ………………     
Tanggal           : ………………     
Kelas                : ………………
No.
Aspek yang dinilai
Tingkat Kemampuan




1.
2.
Makharijul Huruf
Tajwid





Jumlah





Kriteria Penskoran                  Kriteria Penilaian
Baik Sekali       4                      10 – 12                        A
Baik                 3                      7 –   9                          B
Cukup              2                      4 – 6                C
Kurang             1                        3                  D


2.         Portofolio

Format Penilaian Makalah
Struktur Makalah
Indikator
Nilai
Pendahuluan
Menunjukkan dengan tepat isi :
·      Latar belakang
·      Rumusan masalah
·      Tujuan penulisan.

Isi

·      Ketepatan pemilihan gambar
·      Orisinalitas makalah
·      Mendeskripsikan isi materi
·      Struktur/logika penulisan disusun dengan jelas sesuai metode yang dipakai
·      Bahasa yang digunakan sesuai EYD dan komunikatif
·      Daftar pustaka yang dapat dipertanggungjawabkan (Ilmiah)

Penutup
·      Kesimpulan sesuai dengan rumusan masalah
·      Saran relevan dengan kajian

Jumlah




Kriteria Penilaian untuk masing-masing indikator:

Sangat sesuai
4
Sesuai
3
Cukup
2
Kurang
1

                     Skor perolehan
Nilai     =            X  100
                     Skor Maksimal (48)

3.         Presentasi 

RUBRIK PENILAIAN PRESENTASI
NAMA /KELOMPOK   :  .............................................................
KELAS                      :  .............................................................
TANGGAL PENILAIAN            :  .............................................................

N0

INDIKATOR

DESKRIPTOR

SKOR
 1
Penguasaan materi yang dipresentasikan

4. Menunjukkan penguasaan materi presentasi dengan sangat baik                                                        

3. Menunjukkan penguasaan materi presentasi dengan cukup baik                                                        
2. Menunjukkan penguasaan materi presentasi dengan kurang baik                                                        
1. Menunjukkan penguasaan materi presentasi dengan sangat kurang baik                                                        
2
Sistematika presentasi
4. Materi presentasi disajikan secara runtut dan sistematis

3. Materi presentasi disajikan secara runtut tetapi kurang  sistematis
2. Materi presentasi disajikan secara kurang runtut dan tidak sistematis
1. Materi presentasi disajikan secara tidak runtut dan tidak sistematis
3
Penggunaan bahasa
4. Bahasa yang digunakan sangat mudah dipahami

3. Bahasa yang digunakan cukup mudah dipahami
2. Bahasa yang digunakan agak  sulit dipahami
1. Bahasa yang digunakan sangat sulit dipahami
4
Ketepatan intonasi dan kejelasan artikulasi
4. Penyampaian materi disajikan dengan intonasi yang tepat dan artikulasi/lafal yang jelas

3. Penyampaian materi disajikan dengan intonasi yang agak tepat dan artikulasi/lafal yang agak  jelas
2. Penyampaian materi disajikan dengan intonasi yang kurang tepat dan artikulasi/lafal yang kurang  jelas
1. Penyampaian materi disajikan dengan intonasi yang tidak tepat dan artikulasi/lafal yangtidak  jelas
5
Kemampuan memanfaatkan media presentasi
4. Media yang dimanfaatkan sangat jelas, menarik, dan menunjang seluruh sajian

3. Media yang dimanfaatkan jelas tetapi kurang menarik
2. Media yang dimanfaatkan kurang jelas dan tidak menarik
1. Media yang dimanfaatkan tidak  jelas dan tidak  menarik
6
Kemampuan mempertahankan dan menanggapi pertanyaan atau sanggahan
4. Mampu mempertahankan dan menanggapi pertanyaan/sanggahan dengan arif dan bijaksana

3. Mampu mempertahankan dan menanggapi pertanyaan/sanggahan dengan cukup baik
2. Kurang mampu mempertahankan dan menanggapi pertanyaan atau sanggahan dengan baik
1. Sangat kurang mampu mempertahankan dan menanggapi pertanyaan atau sanggahan
TOTAL  SKOR


                     Total Skor
Nilai    =   --------------------  X 100
                            24
 
                           ,                                                                    ……………,  ……...……………

                                                               -
C.   Tes Tulis (Evaluasi Kognitif)
Jawablah pertanyaan berikut dengan singkat dan jelas!
  1. Identifikasi bacaan tajwid dari beberapa potongan ayat yang bergaris bawah  berikut dengan memberikan alasnnya:
a.        öNÍkŦàÿRr&ur
b.       (#rãÅ_$pkç
c.        OÎgÏ9ºuqøBr'Î/
¨bÎ)z`ƒÏ%©!$#(#qãZtB#uä(#rãy_$ydur(#rßyg»y_uróOÎgÏ9ºuqøBr'Î/öNÍkŦàÿRr&urÎûÈ@Î6y«!$#tûïÏ%©!$#ur(#rur#uä(#ÿrçŽ|ÇtR¨ry7Í´¯»s9'ré&öNåkÝÕ÷èt/âä!$uÏ9÷rr&<Ù÷èt/4tûïÏ%©!$#ur(#qãZtB#uäöNs9ur(#rãÅ_$pkç$tB/ä3s9`ÏiBNÍkÉJu»s9ur`ÏiB>äóÓx«4Ó®Lym(#rãÅ_$pkç4ÈbÎ)uröNä.rçŽ|ÇZoKó$#ÎûÈûïÏd9$#ãNà6øn=yèsùçŽóǨZ9$#žwÎ)4n?tã¤Qöqs%öNä3oY÷t/NæhuZ÷t/ur×,»sVŠÏiB3ª!$#ur$yJÎ/tbqè=yJ÷ès?׎ÅÁt/ÇÐËÈ
  1. Buatlah kesimpulan dari potongan ayat 72 dari surat al-Anfal tersebut secara singkat!
  2. Tuliskan satu bentuk perilaku dari aktifitas sehari-hari siswa yang merupakan  contoh nyata dari pengamalan surat al-Anfal ayat 72.
Ilustrasi: Pada saat peristiwa tragedi Sampit di Kalimantan Tengah meletus, banyak diantara mereka yang terbunuh adalah orang-orang Madura yang tidak tahu menahu persoalan yang sesungguhnya. Kerusuhan telah disulut oleh sekelompok orang sehingga memprovokasi kemarahan banyak orang yang tidak tahu menahu persoalan untuk terlibat. Korban yang tidak bersalah pun berjatuhan.
4.       Identifikasikan akibat buruk untuk diri sendiri manakala seseorang tidak mampu menahan diri, husnudhdhon, dan menjaga ukhuwwah sesuai dengan isi surat al-Anfal ayat 72 dan al Hujurat ayat 10 dan 12.
5.       Uraikan pendapatmu, bagaimanakah menghindarkan terjadinya perilaku tersebut?
6.       Menentukan bentuk perilaku dalam ilustrasi kaitannya dengan tiga perilaku tersebut disertai dengan uraian atau alasan.
7.       Dari ilustrasi di atas, coba prediksikan akibat negatif dari ketidakmampuan mengendalikan diri, berprasangka baik dan menjaga ukhuwwah dari ilustrasi di atas untk kehidupan bersama dan berbangsa.
a.    Penilaian hasil Pembelajaran


1. Materi presentasi disajikan secara tidak runtut dan tidak sistematis

3
Penggunaan bahasa
4. Bahasa yang digunakan sangat mudah dipahami

3. Bahasa yang digunakan cukup mudah dipahami
2. Bahasa yang digunakan agak  sulit dipahami
1. Bahasa yang digunakan sangat sulit dipahami
4
Ketepatan intonasi dan kejelasan artikulasi
4. Penyampaian materi disajikan dengan intonasi yang tepat dan artikulasi/lafal yang jelas

3. Penyampaian materi disajikan dengan intonasi yang agak tepat dan artikulasi/lafal yang agak  jelas
2. Penyampaian materi disajikan dengan intonasi yang kurang tepat dan artikulasi/lafal yang kurang  jelas
1. Penyampaian materi disajikan dengan intonasi yang tidak tepat dan artikulasi/lafal yangtidak  jelas
5
Kemampuan memanfaatkan media presentasi
4. Media yang dimanfaatkan sangat jelas, menarik, dan menunjang seluruh sajian

3. Media yang dimanfaatkan jelas tetapi kurang menarik
2. Media yang dimanfaatkan kurang jelas dan tidak menarik
1. Media yang dimanfaatkan tidak  jelas dan tidak  menarik
6
Kemampuan mempertahankan dan menanggapi pertanyaan atau sanggahan
4. Mampu mempertahankan dan menanggapi pertanyaan/sanggahan dengan arif dan bijaksana

3. Mampu mempertahankan dan menanggapi pertanyaan/sanggahan dengan cukup baik
2. Kurang mampu mempertahankan dan menanggapi pertanyaan atau sanggahan dengan baik
1. Sangat kurang mampu mempertahankan dan menanggapi pertanyaan atau sanggahan
TOTAL  SKOR


                     Total Skor
Nilai    =   --------------------  X 100
                            24
 
                           ,                                                                    ……………,  ……...……………


C. Tes Tulis (Evaluasi Kognitif)
Jawablah pertanyaan berikut dengan singkat dan jelas!
1. Salin surah QS. Al-Hujurat ayat 12 dengan baik dan benar!
Kunci:

$pkšr'¯»tƒtûïÏ%©!#(#qãZtB#uä(#qç7Ï^tGô_##ZŽÏWx.z`ÏiBÇd`©à9#žcÎ)uÙ÷ètÇd`©à9#ÒOøOÎ)(Ÿwur#qÝ¡¡¡pgrBŸwur=tGøótƒNä3àÒ÷è­$³Ò÷èt4=Ïtär&óOà2ßtnr&br&Ÿ@à2ù'tƒzNóss9ÏmŠÅzr&$\GøŠtBçnqßJçF÷d̍s3sù4(#qà)¨?#ur©!#4¨bÎ)©!#Ò>#§qs?×LìÏm§ÇÊËÈ
2. Tulis semua lafal yang yang mengandung hukum tajwid dari QS. Al-Hujurat ayat 12 meliputi masalah hukum nun sukun atau tanwin, Mim sukun, dan Mad beserta alasan masing-masing!
Kunci:


Kata/Lafal
Hukum Bacaan
Alasan

Kata/Lafal
Hukum Bacaan
Alasan
z`ƒÏ%©!#
Al Syamsiyah
Al diikuti huruf Lam
br&Ÿ@à2ù'tƒ
Idgam bighunnah
Nun sukun bertemu dengan ya’
#qãZtB#uä
Mad Badal
Hamzah berfathah diikuti huruf Alif
mŠÅzr&
Mad thobi’i
Ya’ sukun didahului kasroh
#qç7Ï^tGô_ا
Mad Tabi’i
Harakat dammah diikuti huruf Wawu
$\GøŠtBs3sù
Ikhfa haqiqi
Fathah tanwin bertemu fa’
#ZŽÏWx.z`ÏiB
Idghom bighunnah
Fathahtanwin bertemu dengan mim
(#qà)¨?#ur©!#
Lam jalalah mufakhomah
Lafat Allah didahului dhomah
žcÎ)uÙ÷èt
Ghunnah
Karena nun bertasdid
¨bÎ)©!#
Lam jalalah mufakhomah
Lafat Allah didahului fathah
=tGøótƒNä3àÒ÷è­
Idghom mutamasilain
Ba’ sukunbertemu dengan ba’
Ò>#§qs?×LìÏm§
Idghom bila ghunnah dan Mad ‘aridhis sukun
DhomahTanwin bertemu dengan Ro’dan waqof didahuli dengan mad thobi’i

Nä3àÒ÷è­$³Ò÷èt
Ikhfa’ Syafawi
Mim sukunbertemu dengan ba’

Oà2ßtnr&br&
Idzhar Syafawi
Mim sukun bertemu alif

3. Jelaskan asbabun nuzul QS. Al-Hujurat ayat 12!
Kunci:
4. Sebutkan isi kandungan surah QS. Al-Hujurat ayat 12 !
Kunci:
QS. Al-Hujurat ayat 12 berbicara tentang Prasangka Baik (Husnuzhan)
5. Jelaskan pengertian Prasangka Baik(Husnuzhan)!
Kunci:
6. Sebutkan 3 contoh hikmah dan manfaat dari prasangka baik (Husnuzhan) dalam kehidupan bermasyarakat!
Kunci:

7. Sebutkan 5 contoh perilaku seseorang yang yang memiliki sifat prasangka baik (husnuzhan)!
Kunci:

C. Tes Tulis (Evaluasi Kognitif)
Jawablah pertanyaan berikut dengan singkat dan jelas!
1. Salin surah QS. Al-Hujurat ayat 10 dengan baik dan benar!
Kunci:

$yJ¯RÎ)tbqãZÏB÷sßJø9#×ouq÷zÎ)(#qßsÎ=ô¹r'sùtû÷ütöä3÷ƒuqyzr&4(#qà)¨?#ur©!$#÷ä3ª=yès9tbqçHxqöè?ÇÊÉÈ


2. Tulis semua lafal yang yang mengandung hukum tajwid dari QS. Al-Hujurat ayat 10 meliputi masalah hukum nun sukun atau tanwin, Mim sukun, dan Mad beserta alasan masing-masing!
Kunci:


Kata/Lafal
Hukum Bacaan
Alasan

Kata/Lafal
Hukum Bacaan
Alasan
$yJ¯RÎ)
Ghunnah dan mad thobi’i
Nun bertasdid dan Alif disusul fathah
öä3÷ƒuqyzr&rَا
Idhar syafawi
Mim sukun bertemu wawu
tbqãZÏB÷sßJø9ا
Idhar Qomariyah
Alif lam disusul huruf berikutnya tak bertasdid
(#qà)¨?#ur©!$#
Lam jalalah mufakhomah
Lafat Allah di dahului dhomah
×ouq÷zÎ)(#qßsÎ=ô¹r'sù
Ikhfa’ haqiqi
Dhomah tanwin bertemu fa’
÷ä3ª=yès9öè?
Idhar syafawi
Mim sukun bertemu ta’
û÷ütَ
Mad layyin
Ya’ sukun didahului fathah
tbqçHxqöè?
Mad ‘aridh  dhisukun
waqof didahuli dengan mad thobi’i

3.  Jelaskan asbabun nuzul QS. Al-Hujurat ayat 10 !
Kunci:
4.  Sebutkan isi kandungan surah QS. Al-Hujurat ayat 10 !
Kunci:
QS. Al-Hujurat ayat 10 berbicara tentang Persaudaraan(ukhuwah)
5.  Jelaskan pengertian Persaudaraan (ukhuwah) !
Kunci:

6. Sebutkan 4 contoh hikmah dan manfaat dari persaudaraan (ukhuwah) dalam  kehidupan bermasyarakat!
Kunci:

7. Sebutkan 5 contoh perilaku seseorang yang yang memiliki sifat persaudaraan   (ukhuwah) !
Kunci:





Karanganyar, 13 Juli 2017
Verifikasi

GURU PAI









Dra. Sri Bidayatiningsih
Mengetahui
Sutrisno, S.Pd.I, M.Pd
NIP 19660813 199512 2 002
Kepala SMK Negeri 2 Karanganyar
NIP. 19850327 2010201 1 017










Drs. Wahyu Widodo, MT


NIP 19601019 199412 1 001































Lampiran


4 komentar:

  1. Assalamualaikum.
    Mohon ijin mencontoh untuk referensi perangkat saya.
    Terima Kasih.

    BalasHapus
  2. mohon ijin untuk referensi. terima kasih

    BalasHapus
  3. Mohon ijin untuk referansi. Terima kasih.

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum.
    Mohon ijin mencontoh untuk referensi perangkat saya.
    Terima Kasih

    BalasHapus