|
Sekolah : SMK N 2
Karanganyar
Kelas/Semester : X/I
Program : Semua Program Keahlian
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam
Materi Pokok :Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12; serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah
an-nafs), prasangka baik (husnuzzan),
dan persaudaraan (ukhuwah).
Alokasi Waktu : 45 x 9 Jam Pelajaran
( 3 kali Pertemuan )
A.
Kompetensi
Inti:
1
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
2
|
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,santun, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai),bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif, dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
kawasan regional, dan kawasan internasional
|
3
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan
kompleks berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora Dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
4
|
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara:
efektif,kreatif,produktif, kritis, mandiri, kolaboratif,komunikatif, dan
solutif, Dalam ranah konkret dan abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu menggunakan metoda sesuai dengan
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK):
KD
|
IPK
|
1.1 Terbiasa
membaca Al-Qur’an dengan meyakini bahwa kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
adalah perintah agama
|
1.1.1 Meminati membaca al-Qur’an
dengan meyakini bahwa kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan
(ukhuwah) adalah perintah agama.
1.1.2 Menyenangi membaca al-Qur’an dengan meyakini bahwa kontrol diri (mujahadah an- nafs),
prasangka baik (husnuzzan), dan
persaudaraan (ukhuwah) adalah
perintah agama.
|
2.1 Menunjukkan
perilaku kontrol diri (mujahadah
an-nafs), prasangka baik (husnuz-zan),
dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai
implementasi perintah Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al- Hujurat/49: 10 dan 12
serta Hadis terkait
|
2.1.1 Menunjukkanperilaku kontrol diri (mujahadah
an-nafs), prasangka baik (husnuz-zan),
dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai
implementasi perintah Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al- Hujurat/49: 10 dan 12
serta Hadis terkait.
2.1.2 Membuktikan diri mampu berperilaku kontrol diri (mujahadah
an-nafs), prasangka baik (husnuz-zan),
dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai
implementasi perintah Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al- Hujurat/49: 10 dan 12
serta Hadis terkait.
|
3.1 Menganalisis
Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12; serta Hadis
tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzan), dan
persaudaraan (ukhuwah)
|
3.1.1 Mengidentifikasi bacaan
tajwid dari Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12; tentang
kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzan), dan
persaudaraan (ukhuwah)
3.1.2 Menyimpulkan kandungan dari
Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12; tentang
kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzan), dan
persaudaraan (ukhuwah)
3.1.3 Menunjukkan contoh perilaku
sesuai dengan Q.S. Al-Anfal/7: 72,
Q.S. Al-Hujurat/49: 10
dan 12;
tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzan), dan
persaudaraan (ukhuwah).
|
4.1.1 Membaca Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12,
sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
|
4.1.1.1 Mendemonstrasikan bacaan Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12, sesuai
dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf.
4.1.1.2
Memilah beberapa bentuk perilaku dari tayangan kasus
terkait isi Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S.
Al-Hujurat/49: 10
dan 12;
tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzan), dan
persaudaraan (ukhuwah).
|
C.
Tujuan Pembelajaran:
Melalui
kegiatan mengamati, menanya, mendiskusikan, menyimpulkan dan mengomunikasikan,
peserta didik diharapkan:
1. Mampu menyalin Q.S. Al-Anfal: 72 , QS. Al-Hujurat : 12 dan QS.
Al-Hujurat : 10 dengan baik dan benar
2.
Mampu membaca Q.S. Al-Anfal: 72QS. Al-Hujurat : 12 dan QS. Al-Hujurat : 10 dengan baik dan benar
3.
Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al-Anfal: 72 QS. Al-Hujurat : 12 dan QS.
Al-Hujurat : 10 dengan benar
4.
Mampu menjelaskan asbabun nuzul Q.S. Al-Anfal: 72 QS. Al-Hujurat : 12 dan QS.
Al-Hujurat : 10
5.
Mampu menyimpulkan kandungan Q.S. Al-Anfal: 72 QS. Al-Hujurat : 12 dan QS.
Al-Hujurat : 10
6.
Mampu menjelaskan pengertian kontrol diri (mujahadah
an-nafs), Prasangka baik (Husnuzhan) dan persaudaraan (ukhuwah)
7.
Mampu mengidentifikasi hikmah dan manfat perilaku kontrol
diri (mujahadah an-nafs), Prasangka baik (Husnuzhan) dan
persaudaraan (ukhuwah)
8.
Mampu menampilkan perilaku kontrol diri (mujahadah
an-nafs), Prasangka baik (Husnuzhan) dan persaudaraan (ukhuwah), seperti
yang terkandung dalam QS.Al-Anfal : 72 ,QS.Al-Hujurat ayat 12 dan 10
9.
Mampu mendemonstrasikan hafalanQ.S. Al-Anfal: 72, QS. Al-Hujurat : 12 dan QS.
Al-Hujurat : 10 dengan baik dan benar ( dilaksanakan diluar jam pelajaran).
D.
Materi Pembelajaran:
A. Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis
terkait tentang
perilaku kontrol diri, prasangka baik dan persaudaraan (ukhuwwah).
B. Perilaku kontrol diri (mujahadah
an-nafs), prasangka baik (husnuz-zan),
dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai
implementasi perintah Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta
Hadis terkait.
E.
Metode Pembelajaran
Pendekatan dalam
pembelajaran ini adalah:
1. Scientific
2. Active learning
3. Cooperative learning
F.
Media, Alat, dan Sumber Belajar
1.
Media
Film tentang perkelahian pelajar dan kegiatan ekstrakurikuler
2.
Alat/
Bahan
LCD Proyektor
3.
Sumber
Belajar
a.
Tafsir
Al-Qur’an
b.
Kitab
Hadits Sembilan Imam
c.
Buku
pegangan siswa PAI kelas X
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
NO
|
Kegiatan Pembelajaran
|
HOTS/4C/
Karakter/
Literasi
|
Alokasi Waktu
|
|
Pendahuluan
|
|
|
1
2
3
4
5
6
7
8
|
Memberi
Salam
Mengabsen,
mengecek kerapihan berpakaian, kebersihan kelas.
Meminta
pesera didik memimpin doa
Membaca ayat
quran
Menyampaikan
penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai:
Memberikan
penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran
Melakukan motivasi dan appersepsivideo tentang kekerasan pelajar
Mengajukan pertanyaan
bagaimana hubungan antara tayangan video dengan materi al-asmaul husna
|
Pembinaan
Karakter
Pembinaan
Karakter
Pembinaan
Karakter
Literasi
|
10 Menit
|
|
Kegiatan Inti:
|
|
|
|
Dalam kegiatan inti, pendidik dan para peserta didik
melakukan beberapa kegiatan pembelajaran dengan modelproblem
based learning sebagai berikut :
1.
Mengorganisasi peserta didik
pada masalah
-
Pendidik
membuat beberapa pertanyaan yang dapat dijawab oleh peserta didik dengan
mencari informasi yang ditemukan dari buku teks.
-
Pendidik
menanyakan
tentang isi kandunganQ.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S.
Al-Hujurat/49: 10
dan 12;
serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah
an-nafs), prasangka baik (husnuzzan),
dan persaudaraan (ukhuwah)
-
Pendidik
menanyakan
manfaat dan hikmah dari taat aturan, kompetisi dalam kebaikan dan kerja keras yang terdapat pada Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12; serta Hadis
tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzan), dan
persaudaraan (ukhuwah)
- Pendidik
menanyakan kepada peserta didik, mengapa
bisa terjadi perubahan dan
pergeseran secara cepat sikap dan karakter masyarakat akhir-akhir ini, dari
mampu menahan diri menjadi mudah marah dan lepas kontrol, suka berkonflik dan
hilang persaudaraan. Apa faktor-faktor penyebabnya. Apakah konsep Islam,
tentang menahan diri (mujahadatun nafs), ukhuwwah dan prasangka baik.
Pertanyaan-pertanyaan itulah yang harus dijawab peserta didik dalam diskusi.
- Pendidik
mengemukakan bahwa di masyarakat ditemukan fakta-fakta, dari tayangan media,
yang bertolak belakang dengan konsep Islam yaitu menahan diri, husnuddhon dan
ukhuwwah.
2.
Mengorganisasikan kegiatan
pembelajaran
-
Peserta
didik menyimak
bacaan dan mencermati isi kandungan Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12; serta Hadis
tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzan), dan
persaudaraan (ukhuwah) serta hadits terkait.
-
Peserta
didik mencermati
manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah).melalui
tayangan video tentangtentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah).
3.
Membimbing penyelidikan
mandiri
-
Pendidik
membagi peserta didik menjadi 4 kelompok, dengan segmen materi sebagai
berikut:
Kelompok
A : Q.S. Al Anfal: 72,
Kelompok B: Q.S.
Al Hujurat: 10,
Kelompok
C : Q.S. Al Hujurat: 12,
Kelompok D :
Hadits terkait
-
Masing-masing
kelompok mendapatkan tugas untuk:
ü
Mendiskusikan
isi kandungan Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12; serta Hadis
tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzan), dan
persaudaraan (ukhuwah).
ü
Menganalisis
asbabun nuzul/wurud Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49:
10 dan 12; serta Hadis
tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzan), dan
persaudaraan (ukhuwah).
ü
Mengidentifikasi
sifat-sifat keutamaan yang terkandung pada Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12; serta Hadis
tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzan), dan
persaudaraan (ukhuwah).
ü
Menganalisis
manfaat dan hikmah yang terdapat pada Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S.
Al-Hujurat/49: 10
dan 12;
serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah
an-nafs), prasangka baik (husnuzzan),
dan persaudaraan (ukhuwah).
ü
Mengidentifikasifaktor-faktor penyebab terjadinya
pergeseran dan perubahan sikap dan karakter masyarakat bertolak dari konsep
Islam.
4.
Mengembangkan
dan menyajikan karya
-
Membuat
kesimpulan dari isi kandungan Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S.
Al-Hujurat/49: 10
dan 12;
serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah
an-nafs), prasangka baik (husnuzzan),
dan persaudaraan (ukhuwah).
-
Menyimpulkan faktor-faktor penyebab terjadinya
pergeseran dan perubahan sikap dan karakter masyarakat.
5.
Analisis dan evaluasi :
-
Setiap
kelompok mengirimkan salah satu anggotanya
untuk menyampaikan / mempresentasikan apa yang telah dipelajari di kelompok, dengan:
ü
Mempresentasikan
isi kandungan, manfaat, dan hikmah Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S.
Al-Hujurat/49: 10
dan 12;
serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah
an-nafs), prasangka baik (husnuzzan),
dan persaudaraan (ukhuwah) secara individu maupun
kelompok;
ü
Menyampaikan
hasil diskusi tentang faktor-faktor penyebab terjadinya pergeseran dan
perubahan sikap dan karakter masyarakat bertolak dari konsep Islam.
ü
Peserta didik mendapat kesempatan bertanya, menyanggah,
mengkritik dan menguatkan pendapat yang disampaikan
- Kembalikan
suasana seperti semula kemudian tanyakan apakah ada persoalan-persoalan yang
tidak terpecahkan dalam kelompok
- Berikan
peserta didik beberapa pertanyaan untuk mengecek pemahaman mereka terhadap
materi
- Peserta
didik diarahkan membuat kesimpulan
|
Kolaborasi
Berfikir
kritis
Kreatif
Berpikir
Kritis, Kolaborasi,Komunikasi
Kreatif
Berpikir
Kritis, Kolaborasi,Komunikasi
Kreatif
Berpikir
Kritis, Kolaborasi,Komunikasi
Kreatif
Berpikir
Kritis, Kolaborasi,Komunikasi
|
30 Menit
|
|
A.
Kegiatan
Penutup
|
|
|
1
2
|
a.
Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi
membaca Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12; serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah).
b.
Pendidik meminta agar para peserta didik membiasakan
membaca Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12; serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah).
c.
Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan
membaca hamdalah/doa;
d.
Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik
sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.
|
Pembinaan
Karakter
|
5 menit
|
PERTEMUAN KEDUA
NO
|
Kegiatan Pembelajaran
|
HOTS/4C/
Karakter/
Literasi
|
Alokasi Waktu
|
|
Pendahuluan
|
|
|
1
2
3
4
5
6
7
8
|
Memberi Salam
Mengabsen,
mengecek kerapihan berpakaian, kebersihan kelas.
Meminta pesera
didik memimpin doa
Membaca ayat
quran
Menyampaikan
penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai:
Memberikan
penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran
Melakukan motivasi dan appersepsivideo tentang kekerasan pelajar
Mengajukan pertanyaan
bagaimana hubungan antara tayangan video dengan materi menahan diri,
husnuddhon dan ukhuwwah.
|
Pembinaan
Karakter
|
10 Menit
|
|
Kegiatan Inti:
|
|
|
1
2
|
Dalam kegiatan inti, pendidik dan para peserta didik
melakukan beberapa kegiatan dengan membaca secara keras
dan demonstrasi, sebagai berikut:
Pendidik
membagikan teks bacaan Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S.
Al-Hujurat/49: 10 dan 12;
serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah
an-nafs), prasangka baik (husnuzzan),
dan persaudaraan (ukhuwah).
a.
Mengamati Peserta didik
Menyimak dan mencermati bacaan Q.S. Al-Anfal/7: 72,
Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12; serta Hadis tentang
kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzan), dan
persaudaraan (ukhuwah).
b.
Menanya
·
Menanyakan tentang cara membaca Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12; serta Hadis tentang
kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzan), dan
persaudaraan (ukhuwah).
·
Menanyakan tentang cara mudah
menghafalQ.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12; serta Hadis tentang
kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzan), dan
persaudaraan (ukhuwah).
c.
Mengumpulkan data/eksplorasi
·
Peserta
didik mendiskusikan cara-cara membaca Q.S.
Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12; serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah).
·
Peserta didik mendiskusikan cara mudah
menghafalQ.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12; serta Hadis tentang
kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzan), dan
persaudaraan (ukhuwah).
d.
Mengasosiasi
·
Membuat
kesimpulan tentang caramembaca dan cara mudah menghafal Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12; serta Hadis tentang
kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzan), dan
persaudaraan (ukhuwah).
e.
Mengkomunikasikan:
·
Peserta
didik Mendemonstrasikan/Mempraktikkan bacaan dan hafalan Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12; serta Hadis tentang
kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzan), dan
persaudaraan (ukhuwah) secara individu maupun
kelompok.
|
Berfikir kritis,
komunikatif, Kreatif, Literasi,
kolaborasi
Berfikir kritis,
komunikatif, Kreatif, Literasi,
kolaborasi
|
30
Menit
|
|
B. Kegiatan Penutup
C.
|
|
|
1
2
3
4
|
Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi
membaca Q.S.
Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10
dan 12; serta Hadis
tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzan), dan
persaudaraan (ukhuwah).
Pendidik meminta agar para peserta didik membiasakan
membaca Q.S.
Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10
dan 12; serta Hadis
tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzan), dan
persaudaraan (ukhuwah).
Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan
membaca hamdalah/doa;
Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik
sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.
|
Pembinaan Karakter
|
10 menit
|
PERTEMUAN KETIGA
NO
|
Kegiatan Pembelajaran
|
HOTS/4C/
Karakter/
Literasi
|
Alokasi Waktu
|
|
Pendahuluan
|
|
|
1
2
3
4
5
6
7
8
|
Memberi Salam
Mengabsen,
mengecek kerapihan berpakaian, kebersihan kelas.
Meminta pesera
didik memimpin doa
Membaca ayat
quran
Menyampaikan
penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai:
Memberikan
penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran
Melakukan motivasi dan appersepsivideo tentang kekerasan pelajar
Mengajukan pertanyaan
bagaimana hubungan antara tayangan video dengan materi menahan diri,
husnuddhon dan ukhuwwah.
|
Pembinaan
Karakter
Pembinaan
Karakter
Pembinaan
Karakter
Literasi
HOTS
Literasi
|
10 Menit
|
|
Kegiatan Inti:
|
|
|
1
2
3
4
5
|
Dalam kegiatan inti, pendidik dan para peserta didik
melakukan beberapa kegiatan pembelajaran dengan model problem
based learning sebagai berikut :
Mengorganisasi peserta didik pada masalah
·
Pendidik
membuat beberapa pertanyaan yang dapat dijawab oleh peserta didik dengan
mencari informasi yang ditemukan dari buku teks.
·
Pendidik menanyakan tentang contoh perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah).
Mengorganisasikan kegiatan pembelajaran
·
Peserta
didik menyimak dan mencermati ilustrasi dan gambarantentang
kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzan), dan
persaudaraan (ukhuwah).
·
Peserta didik mencermati manfaat dan hikmah perilaku
kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzan), dan
persaudaraan (ukhuwah)
melaluitayangan video atau media foto dan gambar.
Membimbing penyelidikan mandiri
Pendidik
membagi peserta didik menjadi 3kelompok,
dengan segmen materi sebagai berikut:
Kelompok A :
perilaku kontrol diri
Kelompok B: husnudhhon
Kelompok C : ukhuwwah
·
Masing-masing
kelompok mendapatkan tugas untuk:
ü
Mendiskusikan
gambaran kontrol diri , contohnya dan manfaatnya.
ü
Mendiskusikan perilaku husnuddhon, contoh perilaku dan
manfaatnya.
ü
Mendiskusikan perilaku ukhuwwah, contoh perilaku dan
manfaatnya.
Mengembangkan
dan menyajikan karya
-
Membuat
kesimpulan dari isi kandungan Q.S. Al-Anfal/7: 72,
Q.S. Al-Hujurat/49: 10
dan 12; serta Hadis
tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan
(ukhuwah).
-
Menyimpulkan faktor-faktor penyebab terjadinya
pergeseran dan perubahan sikap dan karakter masyarakat.
Analisis dan evaluasi :
Setiap
kelompok mengirimkan salah satu anggotanya
untuk menyampaikan / mempresentasikan apa yang telah dipelajari di kelompok, dengan:
ü
Mempresentasikan
isi kandungan, manfaat, dan hikmah sifat terpuji yang terdapat pada Q.S. Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10
dan 12; serta Hadis
tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan
(ukhuwah).
ü
Menyampaikan
hasil diskusi tentang faktor-faktor penyebab terjadinya pergeseran dan
perubahan sikap dan karakter masyarakat bertolak dari konsep Islam.
ü
Peserta didik mendapat kesempatan bertanya, menyanggah,
mengkritik dan menguatkan pendapat yang disampaikan
- Kembalikan
suasana seperti semula kemudian tanyakan apakah ada persoalan-persoalan yang
tidak terpecahkan dalam kelompok
- Berikan
peserta didik beberapa pertanyaan untuk mengecek pemahaman mereka terhadap
materi
-
Peserta didik diarahkan
membuat kesimpulan
|
Kolaborasi,Berfikir kritis, Kreatif, Literasi, Komunikasi
Kolaborasi,Berfikir kritis, Kreatif, Literasi, Komunikasi
Kolaborasi,Berfikir kritis, Kreatif, Literasi, Komunikasi
|
30
Menit
|
|
D. Kegiatan Penutup
|
|
|
1
2
3
4
|
Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi
membaca Q.S.
Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10
dan 12; serta Hadis
tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan
(ukhuwah).
Pendidik meminta agar para peserta didik membiasakan
membaca Q.S.
Al-Anfal/7: 72, Q.S. Al-Hujurat/49: 10
dan 12; serta Hadis
tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzan), dan
persaudaraan (ukhuwah).
Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan
membaca hamdalah/doa;
Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik
sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.
|
Pembinaan
Karakter
|
|
H.
Penilaian hasil Pembelajaran
A.
Evaluasi
Afektif
1.
Observasi
(mengamati perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs) terhadap teman sejawat atau orang lain
Lembar PengamatanKegiatan Diskusi (Penilaian Sikap Selama Diskusi):
No.
|
Nama Siswa
|
A s p e k P e n g a m a t a n
|
Jml
Skor
|
Nilai
|
Ket.
|
||||
Kerja sama
|
Meng-
komunika
sikan pen-dapat
|
Toleransi
|
Keaktifan
|
Menghargai
pendapat teman
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
Skor :
Masing-masing
kolom diisi dengan kriteria
4= Baik Sekali
3= Baik
2= Cukup
1 = Kurang
∑ Skor perolehan

Skor Maksimal (20)
Kriteria
Nilai
A =80 – 100 : Baik
Sekali
B =70 – 79 : Baik
C =60 – 69 : Cukup
D =‹60 : Kurang
B.
Evaluasi
Psikomotor
1.
Tes
praktik
a)
Tes
Menulis teks QS. Al-Anfal ayat 72
b)
Tes
bacaan QS. Al-Anfal ayat 72
c)
Tes
hafalan QS. Al-Anfal ayat 72
Format penilaian bacaan al-Quran dan demonstrasi hafalan
Nama Siswa : ………………
Tanggal : ………………
Kelas : ………………
No.
|
Aspek yang
dinilai
|
Tingkat Kemampuan
|
|||
|
|
|
|
||
1.
2.
|
Makharijul Huruf
Tajwid
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
Kriteria
Penskoran Kriteria
Penilaian
Baik Sekali 4 10 – 12 A
Baik 3 7 – 9 B
Cukup 2 4 – 6 C
Kurang 1 ≤ 3 D
2.
Portofolio
Format Penilaian Makalah
Struktur Makalah
|
Indikator
|
Nilai
|
Pendahuluan
|
Menunjukkan dengan tepat isi :
· Latar belakang
· Rumusan masalah
· Tujuan penulisan.
|
|
Isi
|
· Ketepatan pemilihan gambar
· Orisinalitas makalah
· Mendeskripsikan isi materi
· Struktur/logika penulisan
disusun dengan jelas sesuai metode yang dipakai
· Bahasa yang digunakan sesuai
EYD dan komunikatif
· Daftar pustaka yang dapat
dipertanggungjawabkan (Ilmiah)
|
|
Penutup
|
·
Kesimpulan sesuai dengan rumusan masalah
·
Saran relevan dengan kajian
|
|
Jumlah
|
|
|
Kriteria
Penilaian untuk masing-masing indikator:
Sangat sesuai
|
4
|
Sesuai
|
3
|
Cukup
|
2
|
Kurang
|
1
|
∑ Skor perolehan

Skor
Maksimal
(48)
3.
Presentasi
RUBRIK
PENILAIAN PRESENTASI
NAMA /KELOMPOK :
.............................................................
KELAS :
.............................................................
TANGGAL PENILAIAN
:
.............................................................
N0
|
INDIKATOR
|
DESKRIPTOR
|
SKOR
|
1
|
Penguasaan
materi yang dipresentasikan
|
4. Menunjukkan penguasaan materi presentasi dengan sangat baik
|
|
3. Menunjukkan penguasaan materi presentasi dengan cukup baik
|
|||
2. Menunjukkan penguasaan materi presentasi dengan kurang baik
|
|||
1. Menunjukkan penguasaan materi presentasi dengan sangat kurang baik
|
|||
2
|
Sistematika presentasi
|
4. Materi
presentasi disajikan secara runtut dan sistematis
|
|
3. Materi
presentasi disajikan secara runtut tetapi kurang sistematis
|
|||
2. Materi
presentasi disajikan secara kurang runtut dan tidak sistematis
|
|||
1. Materi
presentasi disajikan secara tidak runtut dan tidak sistematis
|
|||
3
|
Penggunaan bahasa
|
4. Bahasa
yang digunakan sangat mudah dipahami
|
|
3. Bahasa
yang digunakan cukup mudah dipahami
|
|||
2. Bahasa
yang digunakan agak sulit dipahami
|
|||
1. Bahasa
yang digunakan sangat sulit dipahami
|
|||
4
|
Ketepatan
intonasi dan kejelasan artikulasi
|
4.
Penyampaian materi disajikan dengan intonasi yang tepat dan artikulasi/lafal
yang jelas
|
|
3.
Penyampaian materi disajikan dengan intonasi yang agak tepat dan
artikulasi/lafal yang agak jelas
|
|||
2.
Penyampaian materi disajikan dengan intonasi yang kurang tepat dan
artikulasi/lafal yang kurang jelas
|
|||
1.
Penyampaian materi disajikan dengan intonasi yang tidak tepat dan
artikulasi/lafal yangtidak jelas
|
|||
5
|
Kemampuan
memanfaatkan media presentasi
|
4. Media
yang dimanfaatkan sangat jelas, menarik, dan menunjang seluruh sajian
|
|
3. Media
yang dimanfaatkan jelas tetapi kurang menarik
|
|||
2. Media
yang dimanfaatkan kurang jelas dan tidak menarik
|
|||
1. Media
yang dimanfaatkan tidak jelas dan
tidak menarik
|
|||
6
|
Kemampuan mempertahankan dan menanggapi
pertanyaan atau sanggahan
|
4. Mampu mempertahankan dan menanggapi
pertanyaan/sanggahan dengan arif dan bijaksana
|
|
3. Mampu mempertahankan dan menanggapi
pertanyaan/sanggahan dengan cukup baik
|
|||
2. Kurang
mampu mempertahankan dan menanggapi pertanyaan atau sanggahan dengan baik
|
|||
1. Sangat
kurang mampu mempertahankan dan menanggapi pertanyaan atau sanggahan
|
|||
TOTAL SKOR
|
|
|
-
C.
Tes
Tulis (Evaluasi Kognitif)
Jawablah pertanyaan
berikut dengan singkat dan jelas!
- Identifikasi bacaan tajwid dari beberapa potongan ayat yang bergaris bawah berikut dengan memberikan alasnnya:
a.
öNÍkŦàÿRr&ur
b.
(#rãÅ_$pkç‰
c.
OÎgÏ9ºuqøBr'Î/
¨bÎ)z`ƒÏ%©!$#(#qãZtB#uä(#rãy_$ydur(#r߉yg»y_uróOÎgÏ9ºuqøBr'Î/öNÍkŦàÿRr&ur’ÎûÈ@‹Î6y™«!$#tûïÏ%©!$#ur(#rur#uä(#ÿrçŽ|ÇtR¨ry7Í´¯»s9'ré&öNåkÝÕ÷èt/âä!$u‹Ï9÷rr&<Ù÷èt/4tûïÏ%©!$#ur(#qãZtB#uäöNs9ur(#rãÅ_$pkç‰$tB/ä3s9`ÏiBNÍkÉJu‹»s9ur`ÏiB>äóÓx«4Ó®Lym(#rãÅ_$pkç‰4ÈbÎ)uröNä.rçŽ|ÇZoKó™$#’ÎûÈûïÏd‰9$#ãNà6ø‹n=yèsùçŽóǨZ9$#žwÎ)4’n?tã¤Qöqs%öNä3oY÷t/NæhuZ÷t/ur×,»sVŠÏiB3ª!$#ur$yJÎ/tbqè=yJ÷ès?׎ÅÁt/ÇÐËÈ
- Buatlah kesimpulan dari potongan ayat 72 dari surat al-Anfal tersebut secara singkat!
- Tuliskan satu bentuk perilaku dari aktifitas sehari-hari siswa yang merupakan contoh nyata dari pengamalan surat al-Anfal ayat 72.
Ilustrasi:
Pada saat peristiwa tragedi Sampit di Kalimantan Tengah meletus, banyak
diantara mereka yang terbunuh adalah orang-orang Madura yang tidak tahu menahu
persoalan yang sesungguhnya. Kerusuhan telah disulut oleh sekelompok orang
sehingga memprovokasi kemarahan banyak orang yang tidak tahu menahu persoalan
untuk terlibat. Korban yang tidak bersalah pun berjatuhan.
4.
Identifikasikan akibat buruk untuk diri sendiri manakala
seseorang tidak mampu menahan diri, husnudhdhon, dan menjaga ukhuwwah sesuai
dengan isi surat al-Anfal ayat 72 dan al Hujurat ayat 10 dan 12.
5.
Uraikan pendapatmu, bagaimanakah menghindarkan
terjadinya perilaku tersebut?
6. Menentukan
bentuk perilaku dalam ilustrasi kaitannya dengan tiga perilaku tersebut
disertai dengan uraian atau alasan.
7. Dari
ilustrasi di atas, coba prediksikan akibat negatif dari ketidakmampuan
mengendalikan diri, berprasangka baik dan menjaga ukhuwwah dari ilustrasi di
atas untk kehidupan bersama dan berbangsa.
a. Penilaian hasil Pembelajaran
|
|
1. Materi
presentasi disajikan secara tidak runtut dan tidak sistematis
|
|
3
|
Penggunaan bahasa
|
4. Bahasa
yang digunakan sangat mudah dipahami
|
|
3. Bahasa
yang digunakan cukup mudah dipahami
|
|||
2. Bahasa
yang digunakan agak sulit dipahami
|
|||
1. Bahasa
yang digunakan sangat sulit dipahami
|
|||
4
|
Ketepatan
intonasi dan kejelasan artikulasi
|
4.
Penyampaian materi disajikan dengan intonasi yang tepat dan artikulasi/lafal
yang jelas
|
|
3.
Penyampaian materi disajikan dengan intonasi yang agak tepat dan
artikulasi/lafal yang agak jelas
|
|||
2.
Penyampaian materi disajikan dengan intonasi yang kurang tepat dan
artikulasi/lafal yang kurang jelas
|
|||
1.
Penyampaian materi disajikan dengan intonasi yang tidak tepat dan
artikulasi/lafal yangtidak jelas
|
|||
5
|
Kemampuan
memanfaatkan media presentasi
|
4. Media
yang dimanfaatkan sangat jelas, menarik, dan menunjang seluruh sajian
|
|
3. Media
yang dimanfaatkan jelas tetapi kurang menarik
|
|||
2. Media
yang dimanfaatkan kurang jelas dan tidak menarik
|
|||
1. Media
yang dimanfaatkan tidak jelas dan
tidak menarik
|
|||
6
|
Kemampuan
mempertahankan dan
menanggapi pertanyaan atau sanggahan
|
4. Mampu mempertahankan dan menanggapi
pertanyaan/sanggahan dengan arif dan bijaksana
|
|
3. Mampu mempertahankan dan menanggapi
pertanyaan/sanggahan dengan cukup baik
|
|||
2. Kurang
mampu mempertahankan dan menanggapi pertanyaan atau sanggahan dengan baik
|
|||
1. Sangat
kurang mampu mempertahankan dan menanggapi pertanyaan atau sanggahan
|
|||
TOTAL SKOR
|
|
|
C. Tes
Tulis (Evaluasi Kognitif)
Jawablah
pertanyaan berikut dengan singkat dan jelas!
1. Salin surah QS. Al-Hujurat ayat 12 dengan baik dan benar!
Kunci:
$pkš‰r'¯»tƒtûïÏ%©!#(#qãZtB#uä(#qç7Ï^tGô_##ZŽÏWx.z`ÏiBÇd`©à9#žcÎ)uÙ÷ètÇd`©à9#ÒOøOÎ)(Ÿwur#qÝ¡¡¡pgrBŸwur=tGøótƒNä3àÒ÷è$³Ò÷èt4=Ïtä†r&óOà2߉tnr&br&Ÿ@à2ù'tƒzNóss9ÏmŠÅzr&$\GøŠtBçnqßJçF÷dÌs3sù4(#qà)¨?#ur©!#4¨bÎ)©!#Ò>#§qs?×LìÏm§‘ÇÊËÈ
2. Tulis semua lafal yang yang mengandung hukum tajwid dari QS. Al-Hujurat ayat 12
meliputi masalah hukum nun sukun atau tanwin, Mim sukun, dan Mad beserta alasan
masing-masing!
Kunci:
Kata/Lafal
|
Hukum Bacaan
|
Alasan
|
|
Kata/Lafal
|
Hukum Bacaan
|
Alasan
|
z`ƒÏ%©!#
|
Al Syamsiyah
|
Al
diikuti huruf Lam
|
br&Ÿ@à2ù'tƒ
|
Idgam bighunnah
|
Nun sukun bertemu dengan ya’
|
|
#qãZtB#uä
|
Mad Badal
|
Hamzah
berfathah diikuti huruf Alif
|
mŠÅzr&
|
Mad thobi’i
|
Ya’ sukun didahului kasroh
|
|
#qç7Ï^tGô_ا
|
Mad Tabi’i
|
Harakat
dammah diikuti huruf Wawu
|
$\GøŠtBs3sù
|
Ikhfa haqiqi
|
Fathah tanwin bertemu fa’
|
|
#ZŽÏWx.z`ÏiB
|
Idghom
bighunnah
|
Fathahtanwin bertemu dengan mim
|
(#qà)¨?#ur©!#
|
Lam jalalah
mufakhomah
|
Lafat Allah didahului dhomah
|
|
žcÎ)uÙ÷èt
|
Ghunnah
|
Karena nun bertasdid
|
¨bÎ)©!#
|
Lam jalalah
mufakhomah
|
Lafat Allah didahului fathah
|
|
=tGøótƒNä3àÒ÷è
|
Idghom mutamasilain
|
Ba’ sukunbertemu dengan ba’
|
Ò>#§qs?×LìÏm§‘
|
Idghom bila ghunnah dan Mad
‘aridhis sukun
|
DhomahTanwin bertemu dengan Ro’dan waqof didahuli
dengan mad thobi’i
|
|
Nä3àÒ÷è$³Ò÷èt
|
Ikhfa’ Syafawi
|
Mim
sukunbertemu dengan ba’
|
|
|||
Oà2߉tnr&br&
|
Idzhar Syafawi
|
Mim sukun bertemu alif
|
3. Jelaskan asbabun nuzul QS. Al-Hujurat ayat 12!
Kunci:
4. Sebutkan isi kandungan surah QS. Al-Hujurat ayat 12
!
Kunci:
QS. Al-Hujurat ayat 12
berbicara tentang Prasangka Baik (Husnuzhan)
5. Jelaskan pengertian Prasangka Baik(Husnuzhan)!
Kunci:
6. Sebutkan 3 contoh hikmah dan manfaat dari prasangka baik (Husnuzhan) dalam kehidupan bermasyarakat!
Kunci:
7. Sebutkan 5 contoh perilaku seseorang yang yang
memiliki sifat prasangka baik (husnuzhan)!
Kunci:
C. Tes
Tulis (Evaluasi Kognitif)
Jawablah
pertanyaan berikut dengan singkat dan jelas!
1. Salin
surah QS. Al-Hujurat ayat 10 dengan baik dan benar!
Kunci:
$yJ¯RÎ)tbqãZÏB÷sßJø9#×ouq÷zÎ)(#qßsÎ=ô¹r'sùtû÷ütöä3÷ƒuqyzr&4(#qà)¨?#ur©!$#÷ä3ª=yès9tbqçHxqöè?ÇÊÉÈ
2. Tulis semua lafal yang yang mengandung hukum tajwid
dari QS. Al-Hujurat ayat 10 meliputi masalah hukum nun sukun atau
tanwin, Mim sukun, dan Mad beserta alasan masing-masing!
Kunci:
Kata/Lafal
|
Hukum Bacaan
|
Alasan
|
|
Kata/Lafal
|
Hukum Bacaan
|
Alasan
|
$yJ¯RÎ)
|
Ghunnah dan
mad thobi’i
|
Nun bertasdid dan Alif disusul fathah
|
öä3÷ƒuqyzr&rَا
|
Idhar syafawi
|
Mim sukun bertemu wawu
|
|
tbqãZÏB÷sßJø9ا
|
Idhar
Qomariyah
|
Alif lam disusul huruf berikutnya tak bertasdid
|
(#qà)¨?#ur©!$#
|
Lam jalalah
mufakhomah
|
Lafat Allah di dahului dhomah
|
|
×ouq÷zÎ)(#qßsÎ=ô¹r'sù
|
Ikhfa’
haqiqi
|
Dhomah tanwin bertemu fa’
|
÷ä3ª=yès9öè?
|
Idhar syafawi
|
Mim sukun bertemu ta’
|
|
û÷ütَ
|
Mad layyin
|
Ya’ sukun didahului fathah
|
tbqçHxqöè?
|
Mad
‘aridh dhisukun
|
waqof didahuli dengan mad thobi’i
|
3. Jelaskan asbabun nuzul QS. Al-Hujurat ayat
10 !
Kunci:
4. Sebutkan isi kandungan surah QS. Al-Hujurat
ayat 10 !
Kunci:
QS. Al-Hujurat ayat 10
berbicara tentang Persaudaraan(ukhuwah)
5. Jelaskan pengertian Persaudaraan (ukhuwah)
!
Kunci:
6.
Sebutkan 4 contoh hikmah dan manfaat dari persaudaraan (ukhuwah) dalam kehidupan bermasyarakat!
Kunci:
7.
Sebutkan 5 contoh perilaku seseorang yang yang memiliki sifat persaudaraan (ukhuwah) !
Kunci:
Karanganyar, 13 Juli 2017
|
||
Verifikasi
|
GURU PAI
|
|
Dra. Sri Bidayatiningsih
|
Mengetahui
|
Sutrisno, S.Pd.I, M.Pd
|
NIP 19660813 199512 2 002
|
Kepala SMK Negeri 2 Karanganyar
|
NIP. 19850327 2010201 1 017
|
Drs. Wahyu Widodo, MT
|
||
NIP
19601019 199412 1 001
|
Lampiran
Assalamualaikum.
BalasHapusMohon ijin mencontoh untuk referensi perangkat saya.
Terima Kasih.
mohon ijin untuk referensi. terima kasih
BalasHapusMohon ijin untuk referansi. Terima kasih.
BalasHapusAssalamualaikum.
BalasHapusMohon ijin mencontoh untuk referensi perangkat saya.
Terima Kasih