Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Sekolah : SMKN 2 Karanganyar
Matapelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : X/ Genap
Materi
Pokok : kejujuran dalam kehidupan sehari-hari
Alokasi
Waktu :
3 x 3 Jam Pelajaran (JP)
A.
Kompetensi Inti (KI):
1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
2
|
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,santun, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai),bertanggung jawab,responsif, dan pro-aktif, dalam berinteraksi secara
efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah,
masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan
kawasan internasional
|
3
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan
kompleks berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, danhumanioraDengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
4
|
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara:
efektif,kreatif,produktif, kritis, mandiri, kolaboratif,komunikatif,
dansolutif, Dalam ranah konkret dan abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu menggunakan metoda sesuai dengan
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
(IPK) :
1.6
|
1.6 Meyakini bahwa jujur adalah ajaran pokok agama
|
|
1.6.1
Mengikuti ketentuan sikap jujur sesuai ajaran agama bahwa jujur adalah ajaran
pokok agama
|
2.6
|
2.6 Menunjukkan perilaku
jujur dalam kehidupan sehari-hari
|
|
2.6.1 Melaksanakan sikap berlaku jujur dalam
kehidupan sehari hari
|
3.6
|
3.6
Memahami manfaat kejujuran dalam kehidupan sehari-hari
|
|
3.6.1.
Menelaah unsur penting dalam pengertian
kejujuran
3.6.2. Mengaitkan
antara contoh perilaku
jujur dalam kehidupan sehari-hari dengan keimanan
3.6.3. Menilai
praktik kejujuran sesuai dengan ajaran agama
|
4.6
|
4.6
Melaksanakan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
4.6.1
Memperagakan dengan seni bermain peran tentang kejujuran
|
C.
Tujuan Pembelajaran :
NO.
|
TUJUAN PEMBELAJARAN
|
1
|
1.6.1 Setelah
pembelajaran ini peserta didik diharapkan mengikuti ketentuan sikap jujur sesuai ajaran agama bahwa jujur adalah ajaran pokok agama
|
2
|
2.6.1 Setelah pembelajaran ini peserta didik diharapkan melaksanakan sikap berlaku jujur dalam kehidupan
sehari hari dengan baik
|
3
|
3.6.4.
Setelah pembelajaran ini peserta didik diharapkan menelaah
unsur penting dalam pengertian kejujurandengan baik
3.6.5. Setelah
pembelajaran ini peserta didik diharapkan mengaitkan
antara contoh perilaku
jujur dalam kehidupan sehari-hari dengan keimanan dengan
baik
3.6.6. Setelah
pembelajaran ini peserta didik diharapkan menilai
praktik kejujuran sesuai dengan ajaran agama dengan baik
|
4
|
4.6.1 Setelah pembelajaran ini peserta didik
diharapkan memperagakan
dengan seni bermain peran tentang kejujuran dengan baik .
|
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Pertemuan pertama QS. Al-Maidah : 8
a. Membaca dan Hafalan ayat
b. Arti perkata
c. Arti keseluruhan
d. Aplikasi dalam keseharian
2.
Pertemuan kedua QS. At-Taubah : 119
a. Membaca dan Hafalan ayat
b. Arti perkata
c. Arti keseluruhan
d. Aplikasi dalam keseharian
3.
Pertemuan ketiga
a. Memahami makna jujur
b. Contoh kejujuran Nabi
Muhammad
c. Contoh kejujuran Sahabat Pertemuan
keempat
d. Latihan
soal dan ulangan.
E.
Metode
Pembelajaran :
1. Make a Match
2. Silaturahmi Activities
3. berpasangan
F.
Media Pembelajaran :
1. Laptop dan LCD Projector
2. MPI (Multimedia Pembelajaran Interaktif)
3. Video
4. Plano
5. Spidol
6. Lem
7. Gambar
8. Gunting
9. Bagan
10. Lembar hasil silaturahmi
G.
Sumber Belajar :
1. Al-Qur’an dan
terjemahnya, Depag RI
2. Buku teks pesera didikPAI dan Budi
Pekerti SMA Kelas X
3. Kitab Tafsir
(al-Maraghi, Jalalain, dll).
4. Kitab Hadits
5. Internet(www.youtube.com/...)
H.
Langkah-langkah Pembelajaran:
Pertemuan
Pertama:
NO
|
Kegiatan Pembelajaran
|
HOTS/4C/
Karakter/
Literasi
|
Alokasi Waktu
|
|
Pendahuluan
|
|
|
1
2
3
4
5
6
7
8
|
Memberi Salam
Mengabsen,
mengecek kerapihan berpakaian, kebersihan kelas.
Meminta pesera
didik memimpin doa
Membaca ayat
quran
Menyampaikan
penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai:
Memberikan
penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran
Melakukan motivasi dan appersepsivideo tentang kekerasan pelajar
Mengajukan pertanyaan bagaimana hubungan
antara tayangan video dengan materi iman kepada
malaikat.
|
Pembinaan
Karakter
Pembinaan
Karakter
Pembinaan
Karakter
Literasi
HOTS
Literasi
|
10 Menit
|
|
Kegiatan Inti:
Model Pembelajaran dengan metode
MAKE A MATCH
|
|
|
1
2
3
4
5
6
7
8.
|
Peserta didik
duduk menjadi 2 berpasangan
Peserta didik mengamati guru yang sedang mendemonstrasikan iman kepada
malaikat
Peserta didik mengeskplorasi fitur-fitur dalam iman kepada
malaikat
Peserta didik menjodohkan kesesuaian nama
malaikat dengan tugasnya dengan
bimbingan guru
Pesertadidik diberi kesempatan untuk
curah pendapat dalam membentuk hipotesis / pernyataan/pertanyaan(decision making)
Setiap kelompok memilih satu hipotesa/pernyataan/pertanyaan terbaik(action)
Guru
memberikan kesempatan kepadapeserta
didik untuk menentukan langkah-langkah yang sesuai dengan masalah yang akan didiskusikan di kelompok masing-masing
Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil diskusi (depending
value)
|
Kolaborasi
Berfikir
kritis
Kreatif
HOTS
Berpikir
Kritis
Kolaborasi
Literasi
Kolaborasi
Komunikasi
|
30 Menit
|
|
A. Kegiatan
Penutup
|
|
|
1
2
3
4
|
Peserta
didik menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dalam proses
pembelajaran melalui kegiatan refleksi
Peserta
didik menerima umpan balik yang berkaitan dengan proses dan hasil
pembelajaran
Peserta
didik menerima informasi tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya
Peserta didik mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan berdoabersama-sama
Penutup
|
Pembinaan
Karakter
|
5 Menit
|
Pertemuan
Kedua:
NO
|
Kegiatan Pembelajaran
|
HOTS/4C/
Karakter/
Literasi
|
Alokasi Waktu
|
|
Pendahuluan
|
|
|
1
2
3
4
5
6
|
Memberi Salam
Mengabsen,
mengecek kerapihan berpakaian, kebersihan kelas.
Meminta pesera
didik memimpin doa
Membaca ayat
quran
Menyampaikan
penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai:
Memberikan
penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran
Melakukan appersepsi:
|
Pembinaan
Karakter
Pembinaan
Karakter
Pembinaan
Karakter
Literasi
|
5 Menit
|
|
Kegiatan Inti:
Model Pembelajaran “Kajian Nilai Lintas Kelompok”
|
|
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
|
Peserta didik
duduk menjadi 5 kelompok
Guru menayangkan gambar yang
berkaitan dengan malaikat
(opinion making)
Setiap kelompok melakukan diskusi untuk menemukankaitan gambar dengan malaikat-malaikat)(decision
making)
Setiap kelompokmenentukan dan mempresentasikan kaitan gambar dengan malaikat (action)
Perwakilan kelompok memberikan apresiasi dengan cara membubuhkan tanda
bintang diatas karya tersebut. (empat bintang : sangat baik, tiga bintang:
baik, dua bintang: cukup baik, satu bintang:kurang).
Karya yang paling banyak mendapatkan tanda bintang dikukuhkan sebagai
karya terbaik.
Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil diskusi (depending
value)
Guru
memberikan penguatan dengan menanamkan nilai-nilai karakter seperti adil,
tanggung jawab, kerjasama, nasionalisme
|
Kolaborasi
Kolaborasi
Komunikasi
Kreatif
Komunikasi
HOTS
Kritik
Pembinaan Karakter
Pembinaan Karakter
|
35 Menit
|
|
B. Kegiatan
Penutup
|
|
|
1
2
3
|
Refleksi
Menyampaikan rencana untuk
pembelajaran pertemuan yang akan datang
Doa dan penutup
|
Pembinaan
Karakter
|
5 Menit
|
Pertemuan Ketiga:
NO
|
Kegiatan Pembelajaran
|
HOTS/4C/
Karakter/
Literasi
|
Alokasi
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
|
|
1
2
3
4
5
6
|
Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan
berpakaian, kebersihan kelas.
Meminta pesera didik memimpin doa
Membaca ayat quran
Menyampaikan penjelasan tentang
tujuan pembelajaran yang akan dicapai:
Memberikan penjelasan tentang
tahapan kegiatan pembelajaran
Melakukan appersepsi:
|
Pembinaan
Karakter
Pembinaan
Karakter
Pembinaan
Karakter
Literasi
|
5 Menit
|
|
Kegiatan Inti:
Evaluasi
dan latihan soal
|
|
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
|
Peserta didik duduk menjadi 2
berhadapan
Peserta didik melakukan undian untuk memilih
pertama yang membaca soal
Perserta
didik yang satu membacakan soal pilihan ganda dan yang lainnya menjawab pada
lembar jawaban
Lembar
jawaban dikoreksi bersama dan berdiskusi antara pembaca soal dan peserta yang
menjawab
Bergantian
dengan soal jawaban singkat yang berbeda dan peserta yang menjawab soal
menulis pada lembar jawaban
Lembar
jawaban dikoreksi bersama dan berdiskusi antara pembaca soal dan peserta yang
menjawab
Guru
mengumpulkan daftar jawaban beserta nilainya dan memasukkan ke dalam buku
nilai
Guru memberikan penguatan dengan
menanamkan nilai-nilai karakter seperti adil, tanggung jawab,
kerjasama, nasionalisme
|
Kolaborasi
Kolaborasi
Komunikasi
Kreatif
Komunikasi
HOTS
Kritik
Pembinaan Karakter
Pembinaan Karakter
|
35 Menit
|
|
C. Kegiatan
Penutup
|
|
|
1
2
3
|
Refleksi
Menyampaikan rencana untuk pembelajaran pertemuan
yang akan datang
Doa dan
penutup
|
Pembinaan Karakter
|
5 Menit
|
I.
Penilaian Hasil Pembelajaran :
1.Sikap
Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Spiritual)
Nama Siswa
Kelas / Semester
|
:
:
|
..........................................
I / Ganjil
|
|||||||||
Teknik Penilaian
|
:
|
Penilaian diri.
|
|||||||||
Penilai
|
:
|
Guru
|
|||||||||
NO.
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN JAWABAN
|
SKOR
|
||||||||
Sangat Setuju
|
Setuju
|
Ragu-Ragu
|
Tidak Setuju
|
||||||||
1
|
Setiap mau belajar dan sebelum mengakhirinya kita
dianjurkan untuk berdo’a
|
|
|
|
|
|
|||||
2
|
Setiap akan memulai aktivitas kita dianjurkan untuk
mengucapkan kalimat basmalah.
|
|
|
|
|
|
|||||
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
||||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
|||||||||
Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju
|
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
------------------------- X
100 = ...
Skor maksimal
|
|
|
|||||||
CATATAN:
..............................................................................................................................................
|
|||||||||||
Sikap
( observasi)
Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Sosial)
Nama Siswa yang dinilai
Kelas / Semester
|
:
:
|
..........................................
I / Ganjil
|
|||||||||
Teknik Penilaian
|
:
|
Penilaian antar teman .
|
|||||||||
Petunjuk:
a.
Dibuat kelompok dengan anggota masing-masing 5 – 10
orang
b.
Tiap-tiap kelompok berdiskusi untuk menilai setiap
anggota kelompok lain
c.
Membuat rekap penilaian untuk tiap-tiap peserta
didik
|
|||||||||||
NO.
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN JAWABAN
|
SKOR
|
||||||||
MK
|
MB
|
MT
|
BT
|
||||||||
1
|
Memperlihatkan adanya kerjasama yang baik dalam
kelompok
|
|
|
|
|
|
|||||
2
|
Memperlihatkan adanya kekompokkan antar anggota
kelompok.
|
|
|
|
|
|
|||||
3
|
Memperlihatkan adanya tanggungjawab bersama
dalam kelompok.
|
|
|
|
|
|
|||||
4
|
Memperlihatkan adanya inisiatif bersama dalam
kelompok.
|
|
|
|
|
|
|||||
5
|
Memperlihatkan adanya disiplin dalam kelompok.
|
|
|
|
|
|
|||||
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
||||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
|||||||||
MK
MB
MT
BT
|
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
------------------------- X
100 = ...
Skormaksimal
|
|
|
|||||||
CATATAN:
MK = Membudaya (apabila peserta didik
terus menerus memperlihatkan perilaku yang
dinyatakan dalam indikator secara konsisten).
MB = Mulai Berkembang (apabila peserta
didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam
indikator dan mulai konsisten).
MT = Mulai Terlihat (apabila peserta
didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang
dinyatakan dalam indicator tetapi belum konsisten).
BT = Belum
Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tandatanda awal perilaku
yang dinyatakan dalam indikator).
|
|||||||||||
Format Penilaian menggunakan panduan
observasi
Satuanpendidikan :
Tahunpelajaran :
Kelas/Semester
: X / Semester I
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
No.
|
Hari/tgl
|
Nama Siswa
|
Kejadian
|
Butir
Sikap
|
Tindak
lanjut
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Instrumen Penilaian (Aspek Pengetahuan)
Kelas / Semester
|
:
|
|
I / Ganjil
|
|||||||||||
Kompetensi Dasar
|
:
|
|
3.6
Memahami makna beriman kepada malaikat-malaikat
Allah SWT.
|
|||||||||||
Indikator
|
:
|
|
3.6.1
Menyebutkan pengertian iman kepada malaikat-malaikat Allah.
3.6.2 Menyebutkan
dalil naqli dan aqli tentang iman kepada Malaikat.
3.6.3
Menjelaskan tugas - tugas malaikat
3.6.4 Mengidentifikasi perilaku beriman
kepada malaikat
|
|||||||||||
Teknik Penilaian
|
:
|
|
Lisan.
|
|||||||||||
No.
|
Indikator
|
|
Instrumen
|
|||||||||||
1.
|
Menuliskan dalil tentang iman kepada malaikat
|
|
Tuliskan dalil tentang iman kepada malaikat
dengan baik dan benar!
|
|||||||||||
2.
|
Menjelaskan pengertian iman kepada malaikta
|
|
Jelaskan pengertian iman kepada malaikat dengan
baik dan benar!
|
|||||||||||
3.
|
Menyebutkan nama – nama dan tugas malaikat
|
|
Sebutkan nama – nama dan tugas malaikatdengan
baik dan benar!
|
|||||||||||
|
|
|
|
|||||||||||
RUBRIK PENILAIAN
|
||||||||||||||
No.
|
Kompetensi
|
Kriteria
|
Skor
|
|||||||||||
Sangat Baik
|
Baik
|
Sedang
|
Kurang Baik
|
Tidak Baik
|
||||||||||
1.
|
Menuliskan dalil tentang iman kepada malaikat
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
2.
|
Menjelaskan pengertian iman kepada malaikat
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
3.
|
Menyubutkan nama – nama dan tugas malaikat
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
|
NILAI AKHIR
|
|||||||||||
Sangat Baik
Baik
Sedang
Kurang Baik
Tidak Baik
|
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
------------------ X 100 = ---------
Skor maksimal
|
|
|
||||||||||
Catatan kriteria:
1.
Sangat baik :Apabila
peserta didik dapat menuliskan dalil tentang iman kepada malaikat dengan
benar.
2.
Baik : Apabila peserta didik dapat menuliskan
dalil tentang iman kepada malaikat dengan benar, akan tetapi masih ada
sedikit kesalahan harokat.
3.
Sedang : Apabila
peserta didik dapat menuliskan dalil tentang iman kepada malaikat dengan
benar, akan tetapi masih adabanyak kesalahan harokat .
4.
Kurangbaik : Apabila
peserta didik dapat menuliskan dalil tentang iman kepada malaikat tetapi
tidak lengkap.
5.
Tidakbaik : Apabilapesertadidiktidakdapatmenuliskan
dalil iman kepada malaikat
|
||||||||||||||
Keterampilan
Instrumen Penilaian (Aspek
Keterampilan)
Kelas / Semester
|
:
|
|
I / Ganjil
|
|||||||||||
Kompetensi Dasar
|
:
|
|
4.4
Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman
kepada malaikat-malaikat Allah SWT
|
|||||||||||
Indikator
|
:
|
|
4.4.1
Menunjukkan contoh perilaku beriman kepada malaikat
4.4.2
Melaksanakan perintah Allah atas dasar iman kepada
malaikat
|
|||||||||||
Teknik Penilaian
|
:
|
|
Kinerja
|
|||||||||||
Penilai
|
:
|
|
Guru
|
|||||||||||
No.
|
Indikator
|
|
Instrumen
|
|||||||||||
1.
|
Mendemonstrasikan
penulisan dalil tentang iman kepada malaikat
|
|
Tuliskan dalil tentang iman kepada malikat dengan benar !
|
|||||||||||
2.
|
Mendemonstrasikan
pengertian iman kepada malaikat
|
|
Jelaskan pengertian iman kepada malaikta dengan benar!
|
|||||||||||
|
|
|
|
|||||||||||
RUBRIK PENILAIAN
|
||||||||||||||
No.
|
Kompetensi
|
Kriteria
|
Skor
|
|||||||||||
Sangat baik
|
Baik
|
Sedang
|
Kurang Baik
|
Tidak Baik
|
||||||||||
1.
|
Mendemonstrasikan
penulisan dalil tentang iman kepada malaikat
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
2.
|
Mendemonstrasikan
pengertian iman kepada malaikat
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
|
NILAI AKHIR
|
|||||||||||
Sangat Baik
Baik
Sedang
Kurang Baik
Tidak Baik
|
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
------------------ X 100 =
---------
Skor maksimal
|
|
|
||||||||||
Catatan kriteria:
1.
Sangat baik : Apabila peserta didik dapat menuliskan
dalil tentang iman kepada malaikat dengan benar.
2.
Baik :
Apabila peserta didik dapat menuliskan dalil tentang iman kepada malaikat
dengan benar, akan tetapi masih ada sedikit kesalahan harokat.
3.
Sedang : Apabila
peserta didik dapat menuliskan dalil tentang iman kepada malaikat dengan
benar, akan tetapi masih adabanyak kesalahan harokat .
4.
Kurang baik : Apabila
peserta didik dapat menuliskan dalil tentang iman kepada malaikat tetapi
tidak lengkap.
5.
Tidak baik : Apabilapesertadidiktidakdapatmenuliskan
dalil iman kepada malaikat.
|
||||||||||||||
Lampiran 5 : Instrumen Penilaian Tugas
Tugas
Individu :
Beri tanda (V) di kolom sudah atau belum
No.
|
Uraian
|
Sudah
|
Belum
|
1.
|
Aku bisa
menuliskan dalil tentang iman kepada malaikat
|
|
|
2.
|
Aku bisa
menjelaskan pengertian iman kepada malaikat
|
|
|
3.
|
dst…..
|
|
|
Lampiran 6 : Instrumen Penilaian Portofolio
Kelas / Semester
|
:
|
|
I / Ganjil
|
||||||||
Kompetensi Dasar
|
:
|
|
4.4
Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman
kepada malaikat-malaikat Allah SWT
|
||||||||
Indikator
|
:
|
|
4.4.3
Menunjukkan contoh perilaku beriman kepada
malaikat
4.4.4
Melaksanakan perintah Allah atas dasar iman
kepada malaikat
|
||||||||
Teknik Penilaian
|
:
|
|
Portofolio
|
||||||||
Penilai
|
:
|
|
Guru dan Orang tua
|
||||||||
No.
|
Kegiatan
|
Kriteria
|
Skor
|
||||||||
Sangat Baik
|
Baik
|
Sedang
|
Kurang Baik
|
Tidak Baik
|
|||||||
1.
|
Mendemonstrasikan
penulisan dalil tentang iman kepada malaikat
|
|
|
|
|
|
|
||||
2.
|
Mendemonstrasikan
pengertian iman kepada malaikat
|
|
|
|
|
|
|
||||
3.
|
Dst ....
|
|
|
|
|
|
|
||||
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
|
|||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
|
NILAI AKHIR
|
||||||||
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
TidakLancar
|
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
------------------ X 100 =
---------
Skor maksimal
|
|
|
|||||||
Catatan kriteria:
1.
Sangatbaik : Apabila peserta didik dapat menuliskan
dalil tentang iman kepada malaikat dengan benar.
2.
Baik : Apabila peserta didik dapat menuliskan
dalil tentang iman kepada malaikat dengan benar, akan tetapi masih ada
sedikit kesalahan harokat.
3.
Sedang : Apabila
peserta didik dapat menuliskan dalil tentang iman kepada malaikat dengan
benar, akan tetapi masih adabanyak kesalahan harokat .
4.
Kurang baik : Apabila
peserta didik dapat menuliskan dalil tentang iman kepada malaikat tetapi
tidak lengkap.
5.
Tidak baik : Apabilapesertadidiktidakdapatmenuliskan
dalil iman kepada malaikat.
|
|||||||||||
|
|
Karanganyar, 13 Juli 2017
|
||
Verifikasi
|
GURU PAI
|
|
Dra. Sri Bidayatiningsih
|
Mengetahui
|
Sutrisno, S.Pd.I, M.Pd
|
NIP 19660813 199512 2 002
|
Kepala SMK Negeri 2 Karanganyar
|
NIP. 19850327 2010201 1 017
|
Drs. Wahyu Widodo, MT
|
||
NIP
19601019 199412 1 001
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar