Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Sekolah : SMKN 2 Karanganyar
Mata pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : X/ Ganjil
Materi
Pokok : Ketentuan berpakaian sesuai syariat
Islam
Alokasi
Waktu :
3 x 3 Jam Pelajaran (JP)
A.
Kompetensi Inti (KI):
1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
2
|
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,santun, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai),bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif, dalam berinteraksi secara
efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah,
masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan
kawasan internasional
|
3
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan
kompleks berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora Dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan
bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
4
|
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara: efektif,kreatif,produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif,komunikatif,
dan solutif,
Dalam ranah konkret dan abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah, serta mampu menggunakan metoda sesuai dengan
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
(IPK) :
1.5
|
Terbiasa berpakaian sesuai dengan syariat Islam
|
1.5.1 Memilih berpakaian sesuai
dengan syariat Islam
1.5.2 Menunjukkan berpakaian
sesuai dengan syariat Islam
|
|
2.5
|
Menunjukkan perilaku
berpakaian sesuai dengan syariat Islam
|
2.5.1 Menyetujui perilaku berpakaian sesuai dengan
syariat Islam
2.5.2 Meyakinkan perilaku berpakaian sesuai dengan
syariat Islam
|
|
3.5
|
Menganalisis ketentuan
berpakaian sesuai syariat Islam
|
3.5.1 Membedakan (c4) ketentuan
berpakaian sesuai syariat Islam
3.5.2 Menyimpulkan
(c4) ketentuan berpakaian sesuai syariat Islam
|
|
4.5
|
Menyajikan keutamaan
tatacara berpakaian sesuai syariat Islam
|
4.5.1 Menggantikan keutamaan tatacara berpakaian sesuai syariat Islam
4.5.2
Mengidentifikasikan keutamaan tatacara
berpakaian sesuai syariat Islam
|
C.
Tujuan Pembelajaran :
Melalui model
pembelajaran dengan metode Make a Match, Silaturahmi, Picture Commnent.
D.
Materi
Pembelajaran
Ketentuan
berpakaian sesuai syariat Islam
1. Pertemuan Pertama QS Al Ahzab 59 ayat makna
perkata dan kandungan
2. Pertemuan Kedua QS An-Nur 31 ayat makna dan
arti perkata dan kandungan dan Kandungan hadits ummu
athiyah
3. Pertemuan ketiga Memahami makna aurot, Makna jilbab dan busana muslim dan muslimah dan Latihan
soal dan ulangan
E.
Metode
Pembelajaran :
1. Make a Match
2. Silaturahmi Activities
3. Picture
Commnent
4.
Diskusi
F.
Media Pembelajaran :
1. Laptop dan LCD Projector
2. MPI (Multimedia Pembelajaran Interaktif)
3. Video
4. Plano
5. Spidol
6. Lem
7. Gambar
8. Gunting
9. Bagan
G.
Sumber Belajar :
1. Al-Qur’an dan terjemahnya,
Depag RI
2. Buku teks pesera didik PAI dan Budi
Pekerti SMK Kelas X
3. Kitab Tafsir
(al-Maraghi, Jalalain, dll).
4. Kitab Hadits
H.
Langkah-langkah Pembelajaran:
Pertemuan Pertama:
NO
|
Kegiatan Pembelajaran
|
HOTS/4C/
Karakter/
Literasi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
|||
1
2
3
4
5
6
7
|
Memberi Salam
Mengabsen,
mengecek kerapihan berpakaian, kebersihan kelas.
Meminta pesera
didik memimpin doa
Membaca ayat
quran
Menyampaikan penjelasan
tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai:
Memberikan
penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran
Melakukan motivasi dan appersepsi video tentang tayangan
berpakaian yang syar’i
|
Pembinaan
Karakter
Pembinaan
Karakter
Pembinaan
Karakter
Literasi
HOTS
Literasi
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti:
Model Pembelajaran dengan metode
MAKE A MATCH DAN SILATURAHMI
|
|||
1
2
3
4
5
6
7
8
9
|
Peserta didik
duduk menjadi 5
kelompok
Peserta didik mengamati guru yang sedang menunjukkan gambar pakaian yang
di pakai kebanyakan orang
Peserta didik mengeskplorasi dari gb. Yang ditayangkan
Peserta didik mengidentifikasi masalah dengan bimbingan guru dan
masalah tersebut ditulis di kertas
plano (opinion making)
Peserta didik diberi kesempatan untuk
curah pendapat dalam membentuk hipotesis / pernyataan/pertanyaan (decision making)
Setiap kelompok memilih satu hipotesa/pernyataan/pertanyaan terbaik (action)
Guru
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menentukan langkah-langkah
yang sesuai dengan masalah yang akan didiskusikan.
Secara
berkelompok, peserta didik melakukan kegiatan make a match
Peserta
didik bersama guru menyimpul kan hasil diskusi (depending value)
|
Kolaborasi
Berfikir
kritis
Kreatif
HOTS
Komunikasi
HOTS
|
30 Menit
|
Kegiatan Penutup
|
|||
1
2
3
4
5
|
Peserta
didik menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dalam proses
pembelajaran melalui kegiatan refleksi
Peserta
didik menerima umpan balik yang berkaitan dengan proses dan hasil
pembelajaran
Peserta
didik menerima informasi tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya
Peserta
didik menerima informasi tentang tugas kelompok membuat
Peserta didik mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama-sama
Penutup
|
Pembinaan
Karakter
|
5 Menit
|
PERTEMUAN
KEDUA
NO
|
Kegiatan Pembelajaran
|
HOTS/4C/
Karakter/
Literasi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
|||
1
2
3
4
5
6
7
|
Memberi Salam
Mengabsen,
mengecek kerapihan berpakaian, kebersihan kelas.
Meminta pesera
didik memimpin doa
Membaca ayat
quran
Menyampaikan
penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai:
Memberikan
penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran
Melakukan motivasi dan appersepsi video tentang tayangan
berpakaian yang syar’i
|
Pembinaan
Karakter
Pembinaan
Karakter
Pembinaan
Karakter
Literasi
HOTS
Literasi
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti: QS An-Nur 31 ayat makna dan
arti perkata dan kandungan dan Kandungan hadits ummu
athiyah
Model Pembelajaran dengan metode
MAKE A MATCH DAN SILATURAHMI
|
|||
1
2
3
4
5
6
7
8
9
|
Peserta didik
duduk menjadi 5
kelompok
Peserta didik mengamati guru yang sedang menunjukkan gambar pakaian yang
di pakai kebanyakan orang
Peserta didik mengeskplorasi dari gb. Yang ditayangkan
Peserta didik mengidentifikasi masalah dengan bimbingan guru dan
masalah tersebut ditulis di kertas
plano (opinion making)
Peserta didik diberi kesempatan untuk
curah pendapat dalam membentuk hipotesis / pernyataan/pertanyaan (decision making)
Setiap kelompok memilih satu hipotesa/pernyataan/pertanyaan terbaik (action)
Guru
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menentukan langkah-langkah
yang sesuai dengan masalah yang akan didiskusikan.
Secara
berkelompok, peserta didik melakukan kegiatan make a match
Peserta
didik bersama guru menyimpul kan hasil diskusi (depending value)
|
Kolaborasi
Berfikir
kritis
Kreatif
HOTS
Komunikasi
HOTS
|
30 Menit
|
Kegiatan Penutup
|
|||
1
2
3
4
5
|
Peserta
didik menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dalam proses
pembelajaran melalui kegiatan refleksi
Peserta
didik menerima umpan balik yang berkaitan dengan proses dan hasil
pembelajaran
Peserta
didik menerima informasi tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya
Peserta
didik menerima informasi tentang tugas kelompok membuat
Peserta didik mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama-sama
Penutup
|
Pembinaan
Karakter
|
5 Menit
|
PERTEMUAN
KETIGA
NO
|
Kegiatan Pembelajaran
|
HOTS/4C/
Karakter/
Literasi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
|||
1
2
3
4
5
6
7
|
Memberi Salam
Mengabsen,
mengecek kerapihan berpakaian, kebersihan kelas.
Meminta pesera
didik memimpin doa
Membaca ayat
quran
Menyampaikan
penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai:
Memberikan
penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran
Melakukan motivasi dan appersepsi video tentang tayangan
berpakaian yang syar’i
|
Pembinaan
Karakter
Pembinaan
Karakter
Pembinaan
Karakter
Literasi
HOTS
Literasi
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti: Memahami makna aurot, Makna jilbab dan busana muslim dan muslimah dan Latihan soal dan ulangan (PICTURE COMMENT)
|
|||
1
2
3
4
5
6
7
8
|
Peserta didik mengamati guru yang sedang menunjukkan gambar pakaian yang
di pakai kebanyakan orang
Peserta didik mengeskplorasi dari gb. Yang ditayangkan
Peserta didik mengidentifikasi DAN MEMBERI KOMENTAR
Peserta didik diberi kesempatan untuk
curah pendapat dalam membentuk hipotesis / pernyataan/pertanyaan
Guru
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menentukan langkah-langkah
yang sesuai dengan masalah yang akan didiskusikan.
Secara
berkelompok, peserta didik melakukan kegiatan make a match
Peserta
didik bersama guru menyimpul kan hasil diskusi (depending value)
|
Kolaborasi
Berfikir
kritis
Kreatif
HOTS
Komunikasi
HOTS
|
30 Menit
|
Kegiatan Penutup
|
|||
1
2
3
4
5
|
Peserta
didik menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dalam proses
pembelajaran melalui kegiatan refleksi
Peserta
didik menerima umpan balik yang berkaitan dengan proses dan hasil
pembelajaran
Peserta
didik menerima informasi tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya
Peserta
didik menerima informasi tentang tugas kelompok membuat
Peserta didik mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama-sama
Penutup
|
Pembinaan
Karakter
|
5 Menit
|
I.
Penilaian Hasil Pembelajaran :
1.Sikap
Teknik penilaian : Penilaian diri
Instrumen penilaian :
Nama Siswa
Kelas / Semester
|
:
:
|
..........................................
X /Gasal
|
|||||||||
Teknik Penilaian
|
:
|
Penilaian diri .
|
|||||||||
Penilai
|
:
|
Diri sendiri
|
|||||||||
No.
|
Pernyataan
|
Pilihan
Jawaban
|
Skor
|
||||||||
Sangat Setuju
|
Setuju
|
Tidak setuju
|
|||||||||
1
|
Meyakini bahwa menghormati hak dan kewajiban orang lain
merupakan perintah Allah SWT
|
||||||||||
2
|
Meyakini bahwa
Allah SWT. mencintai manusia yang
memiliki perilaku keluhuran budi
|
||||||||||
3
|
Meyakini bahwa
Allah SWT. mencintai manusia yang
memiliki perilaku kokoh pendirian
|
||||||||||
4
|
Meyakini bahwa
Allah SWT. mencintai manusia yang
memiliki perilaku pemberi rasa aman
|
||||||||||
5
|
Meyakini bahwa
Allah SWT. mencintai manusia yang
memiliki perilaku tawakal
|
||||||||||
6.
|
Meyakini bahwa
Allah SWT. mencintai manusia yang
memiliki perilaku adil
|
||||||||||
Jumlah
Skor
|
|||||||||||
Keterangan
|
Nilai
|
Nilai Akhir
|
|||||||||
Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
|
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang
diperoleh
-------------- X 100
= ----
Skormaksimal
|
|||||||||
Catatan:
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
|
|||||||||||
Sikap
( observasi)
Format Penilaian menggunakan panduan observasi
Satuan pendidikan : SMAN 1
Karanngtengah Demak
Tahun pelajaran : 2016/2017
Kelas/Semester
: X / Semester I
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
No.
|
Hari/tgl
|
Nama Siswa
|
Kejadian
|
Butir
Sikap
|
Tindak
lanjut
|
Tes Tertulis
Kisi-kisi
Soal
Kompetensi Dasar
|
IndikatorSoal
|
No soal
|
Ket
|
Menganalisis
ketentuan berpakaian sesuai
syariat Islam
|
1
|
||
Disajikan ilustrasi kisah nyata
kehidupan seseorang, peserta
didik dapat menemukan cara yang akan dilakukan apabila kasus tersebut menimpa dirinya.
|
2
|
Soal-soal:
Pedoman Penskoran
No
|
Kunci jawaban
|
Skor
|
1
|
Jawaban Benar dan lengkap
|
10
|
2
|
Jawaban benar tidak lengkap
|
5
|
3
|
Jawaban salah
|
0
|
Keterampilan
Guru melakukan penilaian terhadap
peserta didik dalam pengamatan pada saat pelaksanaan diskusi.
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Skor maks
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Skor maks
|
Tindak lanjut
|
||||
1
|
2
|
3
|
T
|
TT
|
R
|
P
|
|||||
1
|
|||||||||||
2
|
|||||||||||
3
|
|||||||||||
dst
|
Keterangan:
T : Tuntas mencapai nilai (disesuaikan dengan
nilai KKM )
TT : Tidak tuntas bila di lihat dari nilai KKM
R : Remedial
P : Pengayaan
Aspek dan rubik penilaian:
1.
Kejelasan
dan kedalaman informasi.
a.
Jika
kelompok tersebut bisa memberikan kejelasan dan pedalaman informasi lengkap dan
sempurna, skor 30.
b.
Jika
kelompok tersebut bisa memberikan penjelasan dan pedalaman informasi lengkap
dan kurang sempurna, skor 20.
c.
Jika
kelompok tersebut bisa memberikan penjelasan dan pendalaman informasi kurang
lengkap dan kurang sempurna, skor 10.
2.
Keaktipan
dalam diskusi.
a.
Jika
kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi, skor 30.
b.
Jika
kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi, skor 20.
c.
Jika
kelompok kurang aktif dalam diskusi diberi, skor 10.
3.
Kejelasan
dan kerapian persentasi.
a.
Jika
kelompok tersebut dapat mempersentasikan dengan jelas dan rapi, skor 40.
b.
Jika kelompok
tersebut dapat mempersentasikan dengan sangat jelas dan kurang rapi, skor 30.
c.
Jika
kelompok tersebut dapat mempersentasikan dengan kurang jelas dan tidak rapi,
skor 20.
Karanganyar, 13 Juli 2017
|
||
Verifikasi
|
GURU PAI
|
|
Dra. Sri Bidayatiningsih
|
Mengetahui
|
Sutrisno, S.Pd.I, M.Pd
|
NIP 19660813 199512 2 002
|
Kepala SMK Negeri 2 Karanganyar
|
NIP. 19850327 2010201 1 017
|
Drs. Wahyu Widodo, MT
|
||
NIP
19601019 199412 1 001
|
sip mantap lanjutkan
BalasHapus