Jumat, 04 Agustus 2017

kd 9 pai smk kelas x haji zakat wakaf



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Sekolah                      : SMKN 2 Karanganyar
Mata pelajaran           : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester         : X/ Ganjil
Materi Pokok             : tata cara ibadah haji, zakat, dan wakaf
Alokasi Waktu            : 3 x 3 Jam Pelajaran (JP)

A.     Kompetensi Inti (KI):
1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya


2
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif, dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional

3
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora Dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah 

4
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara: efektif,kreatif,produktif, kritis, mandiri, kolaboratif,komunikatif, dan solutif, Dalam ranah konkret dan abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu menggunakan metoda sesuai dengan

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) :

1.9
Meyakini bahwa haji, zakat dan wakaf adalah perintah Allah dapat memberi kemaslahatan bagi individu dan masyarakat

1.9.1 Peserta didik mampu membiasakan diri melakukan hal-hal yang berkenanaan dengan aturan-aturan dalam haji, zakat dan wakaf
2.9
Menunjukkan kepedulian sosial sebagai hikmah dari perintah haji, zakat, dan wakaf

2.9.1 Peserta didik mampu membiasakan diri bersikap yang menunjukkan kepedulian sosial
3.9
Menganalisis tata cara ibadah haji, zakat, dan wakaf

3.9.1  Peserta didik mampu menyebutkan dalil tentang haji
3.9.2   Peserta didik mampu menyebutkan dalil tentang zakat
3.9.3   Peserta didik mampu menyebutkan dalil tentang wakaf
3.9.4   Peserta didik mampu menjelaskan hikmah ibadah haji dalam kehidupan  sehari-hari
3.9.5   Peserta didik mampu menjelaskan hikmah zakat
3.9.6   Peserta didik mampu menjelaskan macam-macam zakat
3.9.6   Peserta didik mampu menjelaskan hikmah berinfaq
3.9.7   peserta didik mampu membedakan zakat dengan infaq
3.9.8   Peserta didik mampu mengidentifikasi tanda-tanda haji mabrur
4.9
Menyimulasikan tata cara ibadah haji, zakat, dan wakaf

4.9.1    Peserta didik mampu menyimulasikan manasik haji
4.9.2    Peserta didik mampu menyimulasikan tentang zakat
4.9.3    Peserta didik mampu menyimulasikan tentang tata cara infaq

C.      Tujuan Pembelajaran :

D.     Materi Pembelajaran

 Pertemuan Pertama
Pelaksanaan ibadah haji

Pertemuan kedua
Zakat, Wakaf, Sodaqoh

Pertemuan Ketiga
Latihan soal dan ulangan

E.      Metode Pembelajaran :
1.    Make a Match
2.     Silaturahmi Activities
3.    Picture Commnent
4.    Diskusi

F.      Media Pembelajaran :
1.      Laptop dan LCD Projector
2.      MPI (Multimedia Pembelajaran Interaktif)
3.      Video
4.      Plano
5.      Spidol
6.      Lem
7.      Gambar
8.      Gunting
9.      Bagan

G.     Sumber Belajar :
1.      Al-Quran dan terjemahnya, Depag RI
2.      Buku teks pesera didik PAI dan Budi Pekerti SMK Kelas X
3.      Kitab Tafsir (al-Maraghi, Jalalain, dll).
4.      Kitab Hadits
5.      Internet (www.youtube.com/...)
H.    Langkah-langkah Pembelajaran:
Pertemuan Pertama:
NO
Kegiatan  Pembelajaran
HOTS/4C/
Karakter/
Literasi
Alokasi Waktu

Pendahuluan


1
2

3
4
5

6

7

Memberi Salam
Mengabsen, mengecek kerapihan berpakaian, kebersihan kelas.
Meminta pesera didik memimpin doa
Membaca ayat quran
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai:
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran
Melakukan  motivasi dan appersepsi video tentang tayangan haji
Pembinaan Karakter
Pembinaan Karakter

Pembinaan
Karakter
Literasi

HOTS
Literasi
10 Menit










Kegiatan Inti:
Model Pembelajaran SILATURAHMI ACTIVITIES 


1



2


3


4

5



6



7
Guru menanyakan kepada peserta didik tentang siapakah yang sudah mengetahui tentang haji atau yang yang sudah melaksanakan ibadah haji
Guru menanyakan tentang materi haji
Memberikan kesempatan kepada peserta didik lain untuk menjawab.
Pemerataan peserta didik dalam menjawab (tidak didominasi oleh salah satu peserta didik saja)
Memperhatikan peserta didik lain yang tidak berani memberikan jawaban.
Mengamati keberanian dan sikap peserta didik dalam menjawab dan memberikan klarifikasi tentang benar dan tidaknya jawaban
Peserta didik membagi diri menjadi 3 kelompok dan duduk sesuai dengan kelompoknya. Pembagian tugas, diatur sebagai berikut:
Kelompok I mendiskusikan tentang hikmah  melaksanakan ibadah haji
Kolaborasi




Berfikir kritis




Kreatif
HOTS



Komunikasi

HOTS



30 Menit

A.     Kegiatan Penutup


1



2


3


4


5


Peserta didik menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dalam proses pembelajaran melalui kegiatan refleksi
Peserta didik menerima umpan balik yang berkaitan dengan proses dan hasil pembelajaran
Peserta didik menerima informasi tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
Peserta didik menerima informasi tentang tugas kelompok membuat
Peserta didik mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama-sama
Penutup













Pembinaan Karakter
5  Menit


I.       Penilaian Hasil Pembelajaran :
1.Sikap
   Teknik penilaian     : Penilaian diri

Instrumen penilaian :

Nama Siswa
Kelas / Semester
:
:
..........................................
X /Gasal
Teknik Penilaian
:
Penilaian diri .
Penilai
:
Diri sendiri
No.
Pernyataan
Pilihan Jawaban
Skor

Sangat Setuju
Setuju
Tidak setuju


1
Meyakini bahwa menghormati hak dan kewajiban orang lain merupakan perintah Allah SWT





2
Meyakini  bahwa Allah  SWT. mencintai manusia yang memiliki perilaku keluhuran budi





3
Meyakini  bahwa Allah  SWT. mencintai manusia yang memiliki perilaku kokoh pendirian





4
Meyakini  bahwa Allah  SWT. mencintai manusia yang memiliki perilaku pemberi rasa aman





5
Meyakini  bahwa Allah  SWT. mencintai manusia yang memiliki perilaku tawakal





6.
Meyakini  bahwa Allah  SWT. mencintai manusia yang memiliki perilaku adil





Jumlah Skor






Keterangan
Nilai
Nilai Akhir

Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu

= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1

Skor yang
diperoleh
-------------- X  100  = ----         
Skormaksimal



Catatan: 
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
















Sikap  ( observasi)
Format Penilaian menggunakan panduan observasi
Satuan pendidikan             :    SMAN 1 Karanngtengah Demak
Tahun pelajaran                 :    2016/2017
Kelas/Semester                  :    X / Semester I
Mata Pelajaran                   :    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti


No.
Hari/tgl
Nama Siswa
Kejadian
Butir Sikap
Tindak lanjut
































            Tes Tertulis
Kisi-kisi Soal
Kompetensi Dasar
IndikatorSoal
No soal
Ket
Menganalisis

ketentuan berpakaian sesuai syariat Islam


1

Disajikan ilustrasi kisah nyata kehidupan seseorang,  peserta didik dapat menemukan cara yang akan dilakukan apabila kasus tersebut menimpa dirinya.
2


Soal-soal:

Pedoman Penskoran
No
Kunci jawaban
Skor
1
Jawaban Benar dan lengkap
10
2
Jawaban benar tidak lengkap
5
3
Jawaban salah
0
Keterampilan
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam pengamatan pada saat pelaksanaan diskusi.


No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Skor maks

Nilai
Ketuntasan
Skor maks
Tindak lanjut
1
2
3
T
TT
R
P
1











2











3











dst











Keterangan:
T     : Tuntas mencapai nilai (disesuaikan dengan nilai KKM )
TT   : Tidak tuntas bila di lihat dari nilai KKM
R     : Remedial
P     : Pengayaan
           
Aspek dan rubik penilaian:
1.   Kejelasan dan kedalaman informasi.
a.    Jika kelompok tersebut bisa memberikan kejelasan dan pedalaman informasi lengkap dan sempurna, skor 30.
b.   Jika kelompok tersebut bisa memberikan penjelasan dan pedalaman informasi lengkap dan kurang sempurna, skor 20.
c.    Jika kelompok tersebut bisa memberikan penjelasan dan pendalaman informasi kurang lengkap dan kurang sempurna, skor 10.
2.   Keaktipan dalam diskusi.
a.    Jika kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi, skor 30.
b.   Jika kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi, skor 20.
c.    Jika kelompok kurang aktif dalam diskusi diberi, skor 10.
3.   Kejelasan dan kerapian persentasi.
a.    Jika kelompok tersebut dapat mempersentasikan dengan jelas dan rapi, skor 40.
b.   Jika kelompok tersebut dapat mempersentasikan dengan sangat jelas dan kurang rapi, skor 30.
c.    Jika kelompok tersebut dapat mempersentasikan dengan kurang jelas dan tidak rapi, skor 20.

Kepala Sekolah,



Guru Mata Pelajaran,




Sarmani, S.Ag, M.Pd.I
NIP.19620529 200112 1 001





Tidak ada komentar:

Posting Komentar