ADZAN SESUAI DENGAN JADWAL SHOLAT SEDANGKAN IQOMAT JAM 15.30
1. SESUAI DENGAN KAIDAH FIQIH
Menunda shalat
berjamaah karena sebab ta’lim, pelajaran atau acara menurut jumhur ulama
diperbolehkan dengan syarat tidak luput dari waktu shalat fardhu yang telah ditetapkan.
Terkecuali shalat fardhu Magrib waktunya tidak boleh ditunda tanpa ada udzur
syar’i, karena waktu Magrib hanya terbatas sekali berbeda dengan shalat subuh,
dzuhur, ‘Asyar, dan shalat ‘Isya. Allah Swt menerangkan hakikat makna dari
waktu-waktu shalat diantara,
#sŒÎ*sù ÞOçFøŠŸÒs% no4qn=¢Á9$# (#rãà2øŒ$$sù ©!$# $VJ»uŠÏ% #YŠqãèè%ur 4’n?tãur öNà6Î/qãZã_ 4
#sŒÎ*sù öNçGYtRù'yJôÛ$# (#qßJŠÏ%r'sù no4qn=¢Á9$# 4 ¨bÎ) no4qn=¢Á9$# ôMtR%x. ’n?tã šúüÏZÏB÷sßJø9$# $Y7»tFÏ. $Y?qè%öq¨B ÇÊÉÌÈ
103. Maka
apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri,
di waktu duduk dan di waktu berbaring. kemudian apabila kamu telah merasa aman,
Maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas
orang-orang yang beriman. (QS. An-Nisa: 103)
Kalimat Kitaban
Mauquta ($Y?qè%öq¨B$Y7»tFÏ.; shalat fardhu yang ditentukan waktunya) menurut
ahli ushul adalah dari sejak awal jatuhnya waktu shalat fardhu sampai kepada
akhir dari batas waktu shalat fardhu tersebut.
Sebagaimana ulama
ushul menjabarkan tentang waktu kewajiban dalam pelaksanaan shalat fardhu
apakah wajib segera atau kewajiban tersebut memiliki waktu yang luas.
Sebagaimana kaidah dibawah ini, “Apakah perintah (jatuhnya kewajiban waktu/zaman
shalat fardhu) itu segera ditunaikan atau tidak”.
Dalam melaksanakan
shalat fardhu baik berjamaah ataupun sendirian dari segi waktu dapat
digolongkan kepada beberapa waktu yang sunnah muakkad (wajib ain) , makruh dan
waktu yang haram. Sebagai contoh, waktu shalat zuhur dan ashar di Karanganyar sebagai
berikut:
jadwal waktu sholat
wilayah Karanganyar 31 Agustus 2017
|
|||||||
Imsyak
|
Shubuh
|
Terbit
|
Dhuha
|
Dzuhur
|
Ashr
|
Maghrib
|
Isya
|
4:12
|
4:22
|
5:37
|
6:01
|
11:39
|
14:58
|
17:38
|
18:47
|
SHOLAT DHUHUR
|
SHOLAT ASHAR
|
|||||||||
no
|
hukum
|
waktu
|
no
|
hukum
|
waktu
|
|||||
1
|
wajib ain
|
11:39
|
s/d
|
14:28
|
1
|
wajib ain
|
14:58
|
s/d
|
17:08
|
|
2
|
makruh
|
14:28
|
s/d
|
14:43
|
2
|
makruh
|
17:08
|
s/d
|
17:23
|
|
3
|
haram
|
14:43
|
s/d
|
ashar >
|
3
|
haram
|
17:23
|
s/d
|
magrib >
|
Namun shalat
yang luput tersebut tetap wajib dilaksanakan. Inilah yang dikatakan (wujub
Almuwassa'; kewajiban yang waktunya luas) artinya kewajiban atau sunnah muakkad
itu terhitung dari awal waktu azan sebagai tanda jatuhnya kewajiban shalat
fardhu sampai kepada berakhirnya waktu yang dimakruhkan atau waktu yang
diharamkan. Ini juga yang dikatakan oleh Ibnu Qudamah yang menyebutkan di dalam
kitab Mughni Assyarhul Kabir bahwa waktu-waktu shalat itu dibagi kepada waktu
Fadhilah, waktu Jawaj, dan waktu Dharurah (lihat halaman 522 Juz pertama
cetakan Dar Alhadis Cairo Mesir)
Begitulah
dengan waktu shalat fardhu lainnya terkecuali shalat Maghrib waktunya sangat terbatas, sepakat jumhur ulama tidak boleh
menundanya, jika ditunda tanpa udzur syar’i hukumya makruh dan bisa jatuh Haram
jika luput sampai masuk kepada waktu salat fardhu ‘Isya. Jumhur ulama yang
memaknai tentang Alwaqtu Muwassa’ (waktu keluasan dalam melakukan shalat baik
sendirian atau berjamaah) sebagaimana kaidah di bawah ini yang menyebutkan,
“Kewajiban melakukan (perintah) diawal waktu
(shalat) itu adalah kewajiban yang memiliki tenggang waktu yang luas”. Artinya masa
antara waktu shalat fardhu yang satu kepada fardhu yang lainnya adalah
diperbolehkan didalamnya melakukan shalat baik berjamaah ataupun sendirian.
Namun kaidah ini bukan berarti untuk meringan-ringankan atau untuk
menunda-nunda waktu shalat. Dari kaidah ini diperbolehkannya jika kita berada
dalam kondisi sedang mengikuti majelis Ta’lim, kegiatan pembelajaran atau acara
yang belum selesai, maka diperbolehkan untuk menunda shalat berjamaah.
Pembahasan
tentang waktu muwassa’ (waktu yang luas) dan alwaqat Mudhayya’ (waktu yang
sempit) dalam melaksanakan shalat fardhu berjamaah atau sendirian dapat dilihat
secara luas didalam kitab : Alluma’ Fi Ushulil Fiqh oleh Imam Assairazi,
Alminhaj Ma’a Syarah Alisnawi wa Albadakhsyi, Syarah Albadakhsyi, Syarah Aljalal
‘Ala Jam’in Aljawami’, Almughni As-Syarhulkabir Ibu Qudamah, dll. Ulama-ulama
besar Al Washliyah seperti Syekh Mahmud Syihabuddin, Syekh Arifin Isya Alazhari
(1914-1999M), Syekh Hamdan Abbas, KH. Thalib Alrawi, KH.Syahrin Pohan, maupun
ulama Al Washliyah lainnya sudah puluhan tahun mengajar kitab-kitab dan
pemahaman tersebut di atas terutama di Madrasah Alqismul’ali Al Washliyah Medan
Sumatera Utara.
Sedangkan
waktu untuk shalat ‘Isya ada keutamaan tersendiri diantara shalat lima waktu
lainnya. Shalat ‘Isya jika diakhirkan waktunya dapat membawa kebaikan seperti
jemaah yang banyak, atau dapat melakukan qiyamullail maka waktu shalat ‘Isya
itu lebih utama (mustahabbah/sunnah) di akhirkan ketimbang di awal waktu.
Sebagaimana Rasulullah Saw bersabda,
Rasulullah Saw
bersabda: “Jikakalaulah tidak memberatkan kepada umatku akan aku perintahkan
mereka mengakhirkan shalat ‘Isya sampai kepada sepertiga malam atau seperdua
malam ” (HR. Abu Dawud, Atturmudzi, Annasa’I, Ahmad, Alhakim dan di
shahihkan oleh Albani). Keterangan Hadis ini dapat dilihat di dalam kitab
Syarhulkabir Mughni Almuhtaj oleh Ibnu Qudamah (hal 530 – 531 Juz 1)
Hadis di
atas menunjukkan sunnah hukumnya mengakhirkan waktu shalat ‘Isya jika membawa
kemaslahatan atau ingin mencari fadhilah dari qiyamullail. Namun jika
dikhawatirkan shalat ‘Isyanya kelewatan, maka shalat ‘Isya di awal waktu itu
tetap lebih baik.
2. SESUAI DENGAN ATURAN SEKOLAH
no
|
keterangan
|
senin
|
selasa- jumat
|
1
|
KBM berakhir (jam ke-10)
|
15.35
|
15.30
|
2
|
penutupan gerbang jam pulang
|
15.15-15.50
|
3. KESIMPULAN
Berdasarkan dalil-dalil di atas dan
menyesuaikan kegiatan pembelajaran di SMK Negeri 2 Karanganyar dan sebagai bentuk pendidikan karakter
melalui sholat ashar berjamaah maka di terapkan sebagai berikut:
PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN
SHOLAT ASHAR BERJAMAAH
|
||
1
|
ADZAN ASHAR
|
SESUAI DENGAN WAKTU SHOLAT ASHAR WILAYAH KARANGANYAR
|
2
|
IQOMAT
|
15.30
|
3
|
DO'A SORE ( AL-MA'TSUROT)
|
SETELAH SHOLAT ASHAR SAMPAI DENGAN 15.50 WIB
|
4
|
SISWA KELUAR DARI MASJID DENGAN TERTIB (MENGAMBIL KARTU TANDA SUDAH
SHOLAT ASHAR)
|
15.50- SELESAI
|
5
|
BAGI SISWA YANG TIDAK
MENYERAHKAN KARTU TANDA SUDAH SHOLAT ASHAR DI PINTU KELUAR AKAN DI ARAHKAN KE
MASJID DAHULU
|
4. SARAN
Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan
kebersihan di selesaikan dahulu kemudian menuju ke Masjid Al-Amanah SMK N 2
Karanganyar untuk menegakkan sholat ashar berjamaah dilanjutkan dengan kultum
atau doa sore (Al-Ma’tsurat) sampai dengan jam 15.50 WIB. Sehingga kembali ke
kelas atau bengkel hanya mengambil tas dan penutup saja Terima Kasih .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar