
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Muatan :
Nasional
Bidang Keahlian : Semua Bidang Keahlian
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti
Tujuan kurikulum
mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual,
(2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi
tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan
ekstrakurikuler.
Penumbuhan dan pengembangan
kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik
lebih lanjut.
KOMPETENSI
INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL)
|
KOMPETENSI
INTI 2 (SIKAP SOSIAL)
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai),
bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian
nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan
serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.1 Membaca
al-Qur’an dengan meyakini bahwa kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
adalah perintah agama
|
2.1 Menunjukkan
perilaku kontrol diri (mujahadah
an-nafs), prasangka baik (husnuzzan),
dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai
implementasi perintah Q.S. al-Anfal (8):72, Q.S. al- Hujurat (49):
10 dan 12 serta Hadis terkait
|
1.2 Meyakini bahwa pergaulan bebas dan zina
adalah dilarang agama
|
2.2 Menghindarkan
diri dari pergaulan bebas dan perbuatan zina sebagai pengamalan Q.S.
al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. an-Nur (24): 2, serta Hadis terkait
|
1.3 Meyakini
bahwa Allah Maha Mulia, Maha Memberi Rasa Aman, Maha Memelihara, Maha
Sempurna Kekuatan-Nya, Maha Penghimpun, Maha Adil, dan Maha Akhir
|
2.3 Memiliki
sikap keluhuran budi; kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan adil
sebagai implementasi pemahaman al-Asmau al-Husna: Al-Karim, Al-Mu’min, Al-Wakil, Al- Matin, Al-Jami’, Al-‘Adl, dan Al-Akhir
|
1.4 Meyakini
keberadaan malaikat-malaikat Allah swt.
|
2.4 Menunjukkan
sikap disiplin, jujur dan bertanggung jawab, sebagai implementasi beriman
kepada malaikat-malaikat Allah swt.
|
1.5 Terbiasa
berpakaian sesuai dengan syariat Islam
|
2.5 Menunjukkan
perilaku berpakaian sesuai dengan syariat Islam
|
1.6 Meyakini
bahwa jujur adalah ajaran pokok agama
|
2.6 Menunjukkan
perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari
|
1.7 Meyakini
bahwa menuntut ilmu adalah perintah Allah dan Rasul-Nya
|
2.7 Memiliki
sikap semangat keilmuan sebagai implementasi pemahaman Q.S. at-Taubah (9):
122 dan Hadis terkait
|
1.8 Meyakini
al-Qur’an, Hadis dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam
|
2.8 Menunjukkan
perilaku ikhlas dan taat beribadah sebagai implementasi pemahaman terhadap
kedudukan al-Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam
|
1.9 Meyakini
bahwa haji, zakat dan wakaf adalah perintah Allah dapat memberi kemaslahatan
bagi individu dan masyarakat
|
2.9 Menunjukkan
kepedulian sosial sebagai hikmah dari perintah haji, zakat, dan wakaf
|
1.10 Meyakini
kebenaran dakwah Nabi Muhammad saw di Makkah
|
2.10 Bersikap
tangguh dan rela berkorban menegakkan kebenaran sebagai ’ibrah dari sejarah
strategi dakwah Nabi di Makkah
|
1.11 Meyakini
kebenaran dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah
|
2.11 Menunjukkan sikap semangat ukhuwah dan
kerukunan sebagai ibrah dari sejarah strategi dakwah Nabi di Madinah
|
KOMPETENSI
INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI
INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis dan
mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian pada tingkat teknis,
spesifik, detail dan kompleks berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai
bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional,
regional dan internasional.
|
4.
Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan
alat informasi dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan
masalah sederhana sesuai dengan lingkup kajian.
Menunjukkan keterampilan
menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, komunikatif dan solutif dalam ranah abstrak, terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah.
Menunjukkan keterampilan
mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak
alami, dalam ranah kongkrit terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah.
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Alokasi
Waktu
|
3.1 Menganalisis
Q.S. al-Anfal (8):72, Q.S. al-Hujurat (49): 10 dan 12 serta Hadis tentang kontrol
diri (mujahadah an-nafs), prasangka
baik (husnuzzan), dan persaudaraan
(ukhuwah)
|
4.1.1 Membaca
Q.S. al-Anfal (8):72, Q.S. al-Hujurat (49): 10 dan 12, sesuai
dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.1.2 Mendemonstrasikan
hafalan Q.S. al-Anfal (8:72), Q.S. al-Hujurat (49): 10 dan 12
dengan fasih dan lancar
4.1.3 Menyajikan
keterkaitan antara kualitas keimanan dengan kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) sesuai dengan pesan Q.S.
al-Anfal (8:72), Q.S. al-Hujurat (49): 10 dan 12, serta Hadis
terkait
|
12
JP
|
3.2 Menganalisis
Q.S. al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. an-Nur (24): 2, serta Hadis tentang
larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina
|
4.2.1 Membaca
Q.S. al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. an-Nur (24): 2 sesuai dengan kaidah tajwid
dan makharijul huruf
4.2.2 Mendemonstrasikan
hafalan Q.S. al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. an-Nur (24): 2 dengan fasih
dan lancar
4.2.3 Menyajikan
larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina dengan berbagai kekejian (fahisyah) yang ditimbulkannya sesuai
pesan Q.S. al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. an-Nur (24): 2
|
12
JP
|
3.3 Menganalisis
makna al-Asma’u al-Husna: al-Karim,
al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir
|
4.3 Menyajikan
hubungan makna al-Asma’u al-Husna: al-Karim,
al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir dengan perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, rasa
aman, tawakal dan perilaku adil
|
12
JP
|
3.4 Menganalisis
makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah swt.
|
4.4 Mempresentasikan
hubungan makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah swt dengan perilaku
teliti, disiplin, dan waspada
|
12
JP
|
3.5 Menerapkan
ketentuan berpakaian sesuai syariat Islam
|
4.5 Mempraktikkan
tata cara berpakaian sesuai syariat Islam
|
6
JP
|
3.6 Memahami
manfaat kejujuran dalam kehidupan sehari-hari
|
4.6 Melaksanakan
perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.
|
6
JP
|
3.7 Menganalisis
kewajiban menuntut ilmu untuk membela agama
|
4.7 Menyajikan
kewajiban menuntut ilmu dengan kewajiban membela agama sesuai perintah Q.S.
at-Taubah (9): 122 dan Hadis
|
12
JP
|
3.8 Menganalisis
kedudukan al-Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum
Islam
|
4.8 Menentukan
suatu hukum berdasarkan al-Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai
sumber hukum Islam
|
12
JP
|
3.9 Menganalisis
tata cara ibadah haji, zakat, dan wakaf
|
4.9 Menyimulasikan
tata cara ibadah haji, zakat, dan wakaf
|
12
JP
|
3.10 Menganalisis
substansi, strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di
Makkah
|
4.10 Menyajikan substansi, strategi, dan penyebab
keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Makkah
|
6
JP
|
3.11 Menganalisis
strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah
|
4.11 Mempresentasikan
dan strategi dengan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah
|
6
JP
|
RASIONALISASI
pada :
1.
Kelas X KD 2.1, 3.1, 4.1.1, 4.1.2, 4.1.3 belum dimunculkan QS al Anfal : 72
tentang Mujahadah An Nafs (Mengontrol Diri)
2.
Kelas X KD 3.9 (analisis hikmah)dan 4.9 (simulasi ibadah) tidak match
3.
Kelas XI KD 4.7, 4.8 diganti dengan menyimulasikan karena diharapkan siswa
bukan sekedar mempresentasikan namun sampai pada tahap mempraktekkan
4.
Kelas XI KD 3.9, 3.10, 3.11 Kata menelaah diganti dengan menganalisis
karena tingkatan analisis lebih tinggi daripada sekedar menelaah
5.
Kelas XII KD 4.5 diganti dengan menyajikan kaitan karena diharapkan siswa
bukan hanya mengaitkan dalam ranah abstrak namun sampai pada ranah konkret
yaitu menyajikan secara komunikatif hasil penalarannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar